Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mendukung program vaksinasi di Kawasan Wisata Danau Toba dan Pulau Samosir guna mengantisipasi naiknya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke wilayah tersebut.

"Dalam rangka HUT ke-12 LPEI melalui program CSR #LPEIPeduli, kami berkomitmen mendukung program vaksinasi yang sedang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Samosir untuk terus mempercepat tercapainya herd immunity. Dengan pemberian tabung oksigen dan masker, harapannya penanganan dan pencegahan pandemik di kabupaten ini semakin optimal dan aktifitas ekonomi masyarakat perlahan pulih," kata Direktur Pelaksana IV LPEI Henry Sihotang dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Pemerintah Indonesia berencana membuka kembali pariwisata untuk wisatawan asing. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pembukaan kembali pariwisata di Indonesia, akan dilakukan secara bertahap apabila situasi pandemi di dalam negeri tetap terkendali seperti sekarang ini.

Baca juga: LPEI dukung pencapaian kekebalan komunal di kawasan wisata

Dalam rangka mengantisipasi kunjungan wisman ke Danau Toba dan Pulau Samosir, LPEI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI mendukung program vaksinasi di lingkungan obyek wisata di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

LPEI mendukung kegiatan vaksinasi dan memberikan bantuan dalam rangka percepatan pencapaian kekebalan kelompok atau herd immunity di wilayah Desa Sihotang, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Mengingat kawasan tersebut merupakan obyek wisata yang memberi kontribusi ekonomi dan menggerakkan perekonomian masyarakat.

Bersamaan dengan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sebanyak 200 dosis di Desa Sihotang, LPEI juga menyampaikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Samosir berupa 20 tabung oksigen dan 10.000 masker kain.

Baca juga: Desa Devisa binaan LPEI akan ekspor kopi perdana ke Arab Saudi besok

Bantuan tabung oksigen diserahkan langsung secara simbolis oleh Direktur Pelaksana IV LPEI Henry Sihotang, kepada Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, disaksikan jajaran Pemkab Samosir, tokoh masyarakat dan peserta vaksinasi.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Samosir mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh LPEI. Pihaknya berharap program vaksinasi dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh warga Samosir yang memiliki komoditas unggulan berpotensi ekspor, seperti kopi, kakao, sereh wangi dan biji andaliman yang dapat dimanfaatkan sebagai bumbu racikan ataupun produk olahan seperti teh.

"Kabupaten Samosir mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh LPEI pada hari ini. Kami pastikan, baik dukungan vaksinasi, masker maupun tabung oksigen, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat maupun tenaga kesehatan di Kabupaten Samosir dalam
menghadapi pandemi COVID-19," ujar Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021