"Startup" yang dinamis jadi pilihan incaran para pekerja muda

"LinkedIn Top Startups 2021". ANTARA/HO.

Jakarta (ANTARA) - Jaringan profesional LinkedIn melalui "LinkedIn Top Startups 2021" membagikan daftar perusahaan rintisan (startup) Indonesia yang sedang berkembang dan bisa menjadi incaran para pekerja muda.

Dikutip pada Jumat, startup dipilih karena dianggap memiliki lingkungan kerja yang menantang, namun juga dinamis dan banyak mengasah kreativitas.

LinkedIn mengukur sejumlah startup berdasarkan empat pilar: pertumbuhan lapangan kerja, engagement, minat kerja, dan daya tarik atas talenta terbaik perusahaan. Berikut beberapa startup tersebut.

Sociolla
Beauty-tech Sociolla berada di peringkat pertama jajaran startup pilihan LinkedIn.

Dalam periode 6 tahun, Social Bella kini telah memiliki lima pilar bisnis yang terus berkembang diperkirakan telah melayani kebutuhan sekitar 42 juta pengguna selama 2020.

Baca juga: Apple beli startup Primephonic, tawarkan pengalaman musik klasik

Perusahaan juga menunjukkan resiliensi model bisnisnya; mulai dari pendanaan pada Juli 2020 dan Mei 2021, ekspansi ke pasar internasional pertama Vietnam di Oktober 2020, dan pembukaan hingga 25 Sociolla omnichannel store baru yang tersebar di seluruh Indonesia dalam tahun ini.

Kopi Kenangan
Tidak hanya namanya yang unik, Kopi Kenangan dianggap sukses mengisi ceruk kesenjangan harga antara kopi mahal bertaraf peritel internasional dan kopi instan kemasan yang disajikan di warung-warung kopi.

Kopi Kenangan sebagai brand kopi kekinian semakin populer dan dikenal masyarakat luas seiring dengan perkembangan bisnisnya yang pesat, khususnya semenjak mendapatkan suntikan dana dari beberapa modal ventura, seperti Sequoia India, Arrive, Serena Ventures dan Alpha JWC Ventures.

Sayurbox
Sayurbox menjalankan kegiatan usaha penjualan retail dan distribusi sayur, buah, daging dan kebutuhan sehari-hari melalui media platform online. Sejak beroperasi tahun 2017, Sayurbox fokus menghadirkan beragam bahan yang segar dan sehat melalui kerjasama dengan ribuan petani dan mitra.

Kini, Sayurbox melayani masyarakat di Jabodetabek dengan 50 ribu pelanggan yang didominasi oleh konsumen rumah tangga.

Di tahun 2017, Sayurbox berhasil memenangkan kompetisi startup Seedstarts Jakarta dan mendapatkan pendanaan lebih dari 2 juta dolar AS atau sekitar Rp28 miliar.

Ajaib
Platform wealthtech Ajaib menjadi platform aplikasi investasi populer yang telah memiliki pengguna lebih dari 1 juta orang.

Di tengah tantangan pandemi ternyata membuka peluang yang tinggi dimana ditunjukkan oleh antusiasme banyaknya investor baru. Hal ini turut mendongkrak kinerja Ajaib secara signifikan dan menempatkan Ajaib sebagai broker saham terbesar ke-4 di Indonesia berdasarkan frekuensi perdagangan di Maret 2021 dengan total lebih dari 10 juta transaksi.

Flip
Flip dikenal sebagai aplikasi untuk melakukan transfer beda bank tanpa biaya, pengiriman uang ke luar negeri, pembelian pulsa dan paket data, token listrik, serta pengisian saldo e-Wallet.

Startup ini membesarkan pasar jangkauannya di tahun ini dengan meluncurkan Flip Global, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna bisa mengirim uang ke luar negeri yang mencakup ke 10 negara.

Sebagai layanan keuangan, Flip juga banyak digunakan oleh pengguna berbasis korporasi untuk beragam kebutuhan pembayaran, seperti pembayaran gaji, pembayaran tender, maupun refund.

Baca juga: Startup pelacakan armada logistik McEasy dapat suntikan Rp22 miliar

Baca juga: Menparekraf minta "startup" berdayakan masyarakat

Baca juga: Investor diimbau tetap berhati-hati membeli saham unicorn
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021