Hidangan Indonesia membuat timnas bulu tangkis lebih bersemangat

Hidangan Indonesia membuat timnas bulu tangkis lebih bersemangat

Pelatih ganda putra nasional Herry Iman Pierngadi saat menyantap hidangan khas Indonesia yang disediakan KBRI di Finlandia, Jumat. ANTARA/JO-dokumentasi PP PBSI

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bulu tangkis Indonesia yang akan berlaga di Piala Sudirman mendapat tambahan semangat melalui hidangan khas Tanah Air yang disediakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Finlandia setelah menjalani sesi latihan di hari ketiga, Jumat siang.

Menu khas Indonesia ini merupakan pemenuhan janji dari Dubes RI untuk Finlandia Ratu Silvy Gayatri. Dalam pertemuan secara daring sebelumnya, Silvy menyebut KBRI Finlandia akan mendukung kebutuhan tim terutama untuk asupan makanan.

Dalam menu itu antara lain terdapat nasi putih hangat ditambah dengan lauk rendang, bihun, telur dadar, hingga sayur sop. Makanan utama juga ditambah dengan sambal dan kerupuk yang menjadi menu pelengkap. Tidak lupa semangkuk buah segar pun melengkapi sajian makan siang Anthony Ginting dkk.

"Menu makan siang ini rasanya sudah sangat cukup sebagai asupan untuk atlet. Ada karbohidrat, protein, sayur, dan buah. Porsinya juga besar," ujar dokter gizi PBSI Vetinly yang ikut mengawal timnas, lewat keterangan tertulis, Jumat.

Sejak mendarat di Vantaa, kota terbesar keempat di Finlandia, pada hari Rabu, baru di hari Jumat siang pemain bisa menikmati makanan khas Tanah Air.

Kiriman makanan ini cukup mengobati kerinduan pemain, mengingat selama tiga hari sebelumnya atlet mengaku kurang cocok dengan menu makan pagi, siang dan malam di hotel.

Manajer tim Eddy Prayitno menyampaikan terima kasih atas dukungan, sekaligus mengucapkan selamat ulang tahun kepada Dubes Silvy yang kebetulan tengah merayakan hari jadi.

Pada sesi latihan siang diikuti sebanyak 20 pemain yang mendapat arahan langsung dari pelatih. Mereka menjalani persiapan di arena latihan yang disediakan panitia di Hameenkylan Liikuntahall.

Meski hanya satu jam, namun sesi latihan ini sangat bermanfaat karena memakai seluruh sembilan lapangan yang ada di arena.

Kondisi kebugaran pemain pun diharapkan lebih meningkat. Baik dari aspek rasa pukulan hingga teknik dilakoni oleh seluruh pemain selama latihan.

Di malam hari, tim Indonesia dijadwalkan berlatih di tempat pertandingan di Energia Areena. Latihan selama satu jam ini akan menggunakan tiga lapangan di lokasi utama dan dua lapangan untuk pemanasan.

Baca juga: Timnas bulu tangkis Indonesia jalani latihan perdana di Finlandia
Baca juga: India tampil "pincang" di Piala Sudirman 2021

 
Pewarta : Roy Rosa Bachtiar
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021