Ambon (ANTARA) - Tim anggar Provinsi Maluku terus berlatih untuk mematangkan strategi bertanding jelang pelaksanaan PON XX Papua.

"Sejak tiba di Kabupaten Merauke pada 20 September 2021, tiga atlet anggar terus berlatih meningkatkan kemampuan dan mematangkan strategi bertanding," kata pelatih tim anggar Maluku Agus Manuhuttu saat dihubungi dari Ambon, Sabtu.

Para pemain anggar Maluku memusatkan latihan rutin mereka setiap hari di Gedung Perpustakaan Kabupaten Merauke.

Menurut Agus, ketiga atlet anggar Maluku tersebut saat ini berada dalam kondisi terbaik mereka dan siap untuk bertanding.

Baca juga: Gubernur lepas kontingen Maluku secara virtual 

Dia pun menyadari ketiga atlet itu masih berusia muda dan minim pengalaman bertanding, akan tetapi bukan tidak mungkin mereka mampu tampil prima dan meraih prestasi gemilang.

"Walaupun berusia muda dan minim pengalaman bertanding, tetapi saya optimistis ketiganya mampu meraih prestasi gemilang dan mengharumkan nama Maluku di PON Papua," ujar Agus.

Meski demikian, ia menyatakan KONI Maluku tidak terlalu membebankan target medali kepada ketiga atlet tersebut. Pada PON Papua nanti, pihaknya hanya memotivasi mereka untuk bertanding dengan segala kemampuan yang mereka miliki.

Lebih lanjut, ia juga membeberkan ketiganya merupakan atlet muda yang dipersiapkan Maluku untuk menghadapi berbagai kejuaraan anggar di masa mendatang.

Seperti diketahui, dalam ajang multi cabang empat tahunan itu, Panitia Besar (PB) PON memberlakukan batas umur maksimal 26 tahun.

"Jadi, tidak ada target muluk-muluk untuk ketiga atlet. Hanya mereka terus diingatkan untuk menunjukkan kemampuan terbaik saat bertanding," tutur Agus.

Baca juga: Tim anggar Papua targetkan medali emas pada PON Papua 

Agus yang juga mantan atlet anggar nasional itu mengaku optimistis anak asuhnya mampu membuat kejutan di ajang bergengsi tersebut.

Ia menceritakan jika ketiga atlet, yakni Weldy de Fretes, Olivia Resni Lesiasel dan Andre Pelamonia, saat ini dalam kondisi siap bertanding. 

Weldy dan Olivia akan bertanding di nomor degen perorangan putri, sedangkan Andre di nomor degen perorangan putra.

Pertandingan anggar akan berlangsung di Kompleks Gereja St. Joseph, Merauke, pada 4-5 Oktober 2021. 

Baca juga: Aceh targetkan satu medali emas cabor anggar di PON XX Papua 
Baca juga: Atlet anggar Kalbar Oktavianus targetkan medali emas di PON XX Papua 

 

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021