Pekanbaru (ANTARA) - Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Effendi melepas keberangkatan satu kompi pasukan berkemampuan khusus dari Kesatuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Riau pada Sabtu, untuk membantu pengamanan di Provinsi Papua.

Satu kompi personel dari Satbrimobda Polda Riau ini dilepas keberangkatannya melalui terminal Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Kota Pekanbaru.

Kapolda menyatakan, 100 personel Brimob Riau berkemampuan khusus dengan persiapan yang matang dan kelengkapan peralatan pendukungnya tersebut diberangkatkan untuk membantu meningkatkan keamanan dan situasi kondusif di daerah Timika Papua.

Mereka nantinya akan bergabung dengan personel lainnya yang bertugas dalam Satgas pengamanan.

Kapolda Agung didampingi wakilnya Brigjen Pol Tabana Bangun mengatakan keberangkatan satu kompi personel Brigade Mobil ke Timika itu untuk melaksanakan penugasan di daerah rawan, yang di bawah kendali operasi (BKO) ke Polda Papua.

"Tugasnya untuk meningkatkan keamanan wilayah, khususnya di Timika. Di sana, mereka akan bergabung dengan Satgas lainnya," kata Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Ia menegaskan 100 personel yang dikirim ke Papua sudah disiapkan dengan sangat baik, dari segi taktikal, kemampuan dan hal pendukung tugas lainnya.

"100 orang yang berangkat, tentunya juga harus kembali 100 orang. Prajurit kita juga berpengalaman dengan berbagai macam penugasan dan kita harap bisa menyelesaikan tugas ini, demi menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI," tegasnya.

Kapolda Riau pun memberikan arahan khusus kepada 100 orang personelnya agar selalu waspada serta menyiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin dalam menghadapi potensi ancaman.

"Ini penugasan yang tidak mudah, saya minta agar selalu waspada, menyiapkan segala sesuatunya agar apapun ancaman dan rintangan bisa dihadapi. Ini penugasan dengan pola baru dan modern, dan anggota sudah dilengkapi kemampuan mengatasi segala hal di Timika," kata Irjen Agung.

Kapolda juga memberikan dukungan moril bagi keluarga pasukan yang ditinggalkan bertugas.

"Kita ingin selalu menjaga rasa memiliki dan kebersamaan. Spirit ini akan menjadi bagian dari moril anggota dalam melaksanakan tugas di sana," ujar Kapolda.

Baca juga: Polda Riau kirim 30 personel Brimob kawal atlet Riau di Papua

Baca juga: Polri berangkatkan 100 resimen vaksinator ke PON XX Papua

Baca juga: Mahfud harapkan pelaksanaan PON di Papua berjalan aman

 

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021