Gubernur Aceh minta atlet maksimalkan potensi raih emas PON Papua

Gubernur Aceh minta atlet maksimalkan potensi raih emas PON Papua

Arsip foto - Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyerahkan bendera kontingen yang akan berangkat ke PON XX Provinsi Papua di Banda Aceh. ANTARA/HO.

Banda Aceh (ANTARA) - Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta seluruh atlet memaksimalkan potensi diri untuk meraih prestasi terbaik dan mendapatkan medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

"Jagalah rasa percaya diri dan mental. Berjuanglah sekuat tenaga di medan laga untuk mendapat prestasi demi kejayaan, harkat dan martabat olahraga Aceh," katanya saat melepas kontingen Aceh untuk PON Papua di Banda Aceh, Sabtu.

Kontingen Aceh berkekuatan 250 orang yang terdiri dari 127 atlet dari 26 cabang olahraga selebihnya, pelatih, ofisial, dan panitia. Kontingen Aceh diberangkatkan bertahap dan rombongan besar berangkat ke Papua pada 30 September mendatang.

Baca juga: KONI Aceh harapkan sepak bola dan sepatu roda sumbang emas PON XX

Gubernur yakin para atlet yang telah ditempa selama hampir dua tahun dalam pemusatan latihan daerah (pelatda) yang dilaksanakan KONI Aceh mampu mengangkat harkat dan martabat olahraga Aceh dengan meraih medali emas.

"Jaga kesehatan dan istirahat yang cukup kalian, sehingga bisa bertanding semaksimal mungkin untuk meraih prestasi terbaik," kata Nova menyebutkan.

Kontingen Aceh dipatok target 14 medali emas dan peringkat 15 besar klasemen akhir untuk PON Papua nanti, yang disebut Nova sudah berdasarkan perhitungan yang dilakukan KONI Aceh selama memantau program latihan selama dua tahun terakhir.

"Target yang ingin dicapai di Papua tersebut tentunya bisa melewati prestasi terbaik yang diraih di PON XIX di Jawa Barat pada 2016 dengan meraih delapan medali emas, tujuh perak, dan sembilan perunggu," kata Nova.

Baca juga: Berawal dari bola kaki, Fuad kini jadi atlet atletik andalan Aceh

Wali Nanggroe Aceh Tgk Malik Mahmud Al Haytar mengatakan inilah saatnya bagi atlet membuktikan prestasi di PON yang akan menjadi kebanggaan bagi Aceh.

"Kami sangat mendukung pembinaan atlet yang dilaksanakan KONI Aceh selama ini untuk meraih prestasi di PON. Kami juga akan datang langsung ke Papua memberikan semangat dan motivasi bagi atlet untuk meraih medali sebanyak-banyaknya," kata Tgk Malik Mahmud.

Ketua Umum KONI Aceh Muzakir Manaf mengatakan semua atlet yang dipersiapkan melalui pelatda selama hampir dua tahun sudah maksimal dan siap bertanding di PON XX.

"Target kami meraih 14 medali emas dan bisa berada di peringkat 15, melebihi prestasi PON Jawa Barat. Kam akan berusaha maksimal meraih medali emas secara sportif," kata Wakil Gubernur Aceh 2012-2017 tersebut.

Baca juga: Ketum KONI Pusat berharap arena cricket dapat bermanfaat pasca-PON XX
Baca juga: Lampung raih empat medali emas hapkido di Pon Papua

 
Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021