Mimika (ANTARA) - Tim bola basket 5X5 putra Kalimantan Selatan (Kalsel) siap membuat kejutan di PON XX Papua meski akan berlaga tanpa satu pun pemain Liga Bola Basket Indonesia (IBL) di skuad mereka.

"Kami akan melakukan yang terbaik dan memberikan perlawanan yang tak disangka para pesaing. Keinginan kami adalah lolos dari grup," ujar pelatih tim bola basket 5X5 Kalimantan Selatan Andry Suryadi kepada Antara di Mimika Sport Complex, Mimika, Senin.

Di PON XX Papua, Kalimantan Selatan bergabung di grup berat yaitu Pool A bersama DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten.

Andry memprediksi, sebagai satu-satunya tim yang tidak diperkuat pemain profesional bola basket 5X5, Kalimantan Selatan akan menghadapi laga-laga yang sulit di Pul A.

Apalagi, komposisi pemain Kalsel juga merupakan pemain-pemain lokal yang berasal dari provinsi tersebut.

Akan tetapi, Andry tak mau kalah sebelum bertanding.

Kalimantan Selatan, dia melanjutkan, akan menonjolkan modal yang selama ini mereka punya yakni semangat pantang menyerah.

Menurut Andry, semangat itu pulalah yang membawa Kalsel lolos ke PON XX dari kualifikasi pada tahun 2019.

"Kami mau memberikan lawan pertarungan yang sengit," tutur dia.

Kalimantan Selatan akan memulai kiprahnya di PON XX, Papua, dengan menghadapi DKI Jakarta pada Rabu (29/9) mulai pukul 11.00 WIT.

Sebelumnya, pada PON ke-19 di Jawa Barat, Kalimantan Selatan juga berpartisipasi tetapi tak lolos dari babak grup.

Baca juga: Pelatih basket putra Babel yakin PON Papua kompetitif tertular IBL
Baca juga: Pemain Basket Kalbar optimistis raih medali di PON XX Papua
Baca juga: PP Perbasi umumkan hasil undian cabang basket untuk PON PapuaBaca juga: PP Perbasi umumkan hasil undian cabang basket untuk PON Papua

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021