Jakarta (ANTARA) - Aplikasi Tokko hadir guna membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar dapat bersaing untuk menumbuhkan bisnis mereka di tengah maraknya penggunaan digital di setiap daerah.

Founder & CEO Tokko, Lorenzo Peracchione mengatakan dia ingin mengajak para pelaku UMKM mengembangkan bisnis di platform digital melalui aplikasi Tokko yang bisa diunduh di Google Play Store.

Baca juga: BukuKas rilis fitur pembayaran aplikasi, permudah transaksi UMKM

"Tokko adalah platform yang bisa digunakan pedagang dengan mudah untuk membangun bisnis online mereka. Tokko membuka akses ke konsumen sehingga pedagang akan mudah meningkatkan jumlah pelanggan dengan lebih cepat," ungkap Lorenzo Peracchione dikutip dari keterangan resminya, Selasa.

Dalam kesempatan yang sama, VP Community Tokko, Bobby Silalahi mengatakan bahwa di tengah situasi yang masih belum stabil akibat adanya wabah virus corona ini, pendapatan yang dihasilkan dari setiap pelaku UMKM merosot tajam.

"Menurut riset dari Google di akhir 2020, sektor pertumbuhan ekonomi digital Indonesia menunjukkan pertumbuhan pesat. Sektor ini tumbuh 11% dibanding 2019. Riset ini juga menunjukkan dalam 3 tahun ke depan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia akan tumbuh sekitar tiga kali lipat. Inilah kenapa go digital adalah jalan yang tepat," kata dia.

Komitmen dari setiap para pelaku usaha untuk memajukan bisnis mereka di digital, tentu sangat membawa dampak yang baik untuk usaha, brand atau apapun yang mereka jual agar bisa bertahan ke depannya.

"Berjualan di e-commerce mirip seperti berjualan di pujasera, semua toko terlihat serupa dengan menu yang hampir sama. Kalau ada satu menu yang kemahalan, maka pelanggan akan pindah ke lapak dengan harga lebih murah, dan foto produk itu sangat penting," kata dia tutur Bobby

Dengan hadirnya aplikasi Tokko ini, para pelaku usaha hanya membutuhkan smartphone dan sudah bisa memiliki website resmi toko yang dikelola. Dengan memiliki website pribadi tentu akan memberikan citra yang posiitif kepada pelanggan.

"Lalu yang paling penting, setelah memiliki website resmi, kita akan membangun hubungan yang terus-menerus dengan pelanggan. Dengan Tokko ada fitur daftar pelanggan yang memudahkan kamu menghubungi pelanggan setia kamu," jelas Radix Juniardi Hidayat, Lead Product Manager Tokko.

Dalam hal ini, Tokko menggandeng Kaya ID untuk memajukan UMKM dengan memberikan bimbingan dan juga pelatihan branding yang kuat di Kaya ID selaku inkubator bisnis bagi mereka yang masih baru mengenal dunia ekonomi digital.


Baca juga: Wehelpyou luncurkan Eat & Sell, bantu UMKM makanan saat pandemi

Baca juga: BukuWarung catat 6,5 juta pengguna dari UMKM

Baca juga: Mahasiswa didorong buat lebih banyak aplikasi permudah UMKM go digital

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021