Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir berharap melalui fokus Sarinah yang akan mendukung UMKM dapat menjadi momentum bangkitnya merek lokal.

"Sarinah kita akan fokuskan mendukung UMKM dan brand lokal, ini kita harapkan juga menjadi bangkitnya merek lokal. Kita sudah saatnya juga membangun nasionalisme merek lokal kita," ujar Erick Thohir bersama para finalis kaum muda peserta #GirlsTakeover di Gedung Sarinah, Jakarta, Selasa.

Menteri BUMN melihat generasi muda Indonesia, kreator lokal memiliki kualitas yang luar biasa.

Erick berharap Sarinah menjadi bagian etalase merek lokal Indonesia kepada dunia. Diharapkan semua merek lokal yang ada adalah kualitas daripada ekspor.

Baca juga: Erick Thohir akan resmikan Gedung Sarinah pada Maret 2022

"Di bagian atas Gedung Sarinah juga akan terdapat trading house, tempat untuk bertransaksi. Ini yang kita lakukan beda dengan mal lain. Jadi di Sarinah tetap mesti berbisnis, tetapi ada keberpihakan kepada produk lokal, dan kita juga ada tempat bertransaksi dan pendampingan di bagian atas," tambahnya.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir bersama perusahaan BUMN siap mendukung dan memperkuat ketangguhan (resiliensi) UMKM dalam menjawab tantangan usaha.

Menurut Menteri BUMN, sebagai salah satu tulang punggung ekonomi bangsa ini, UMKM ekonomi kreatif harus terus beradaptasi dan berinovasi, jika ingin bertahan.

Erick Thohir memastikan terus bersemangat dalam mendukung produk-produk UMKM Indonesia agar bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Menteri BUMN mengatakan program BUMN terkait penciptaan lapangan kerja dan pengusaha baru di level bawah terlaksana dalam rangka membantu masyarakat serta pelaku UMKM.

Baca juga: Erick Thohir: Pimpinan harus turun langsung pastikan program berjalan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021