Kemarin, surpres RUU IKN sampai pengganti Azis Syamsuddin

Kemarin, surpres RUU IKN sampai pengganti Azis Syamsuddin

Ketua DPR Puan Maharani (tengah) didampingi Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (kiri), dan Mensesneg Pratikno (kanan) memberikan keterangan pers terkait Surpres Presiden Joko Widodo di Media Center DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (29/9/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (29/9), mulai dari Ketua DPR RI Puan Maharani menerima surat presiden (surpres) terkait dengan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) sampai Partai Golkar resmi mengusulkan Lodewijk Paulus sebagai pengganti Azis Syamsuddin untuk posisi sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:

1. DPR terima Surpres terkait RUU IKN

Ketua DPR RI Puan Maharani menerima Surat Presiden terkait Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara yang diserahkan langsung Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Puan mengatakan DPR RI sejalan dengan sikap pemerintah tentang perlunya memindahkan Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

Selengkapnya baca di sini.

2. Mensesneg: Ibu kota negara baru jadi motor kemajuan RI

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur tidak sekadar menjadi kantor pemerintahan saja, melainkan juga akan menjadi motor dan katalis kemajuan Indonesia ke depan.

"Jangan dibayangkan ini akan semata-mata menjadi kantor pemerintahan saja, tetapi sebuah kota baru, kota masa depan, kota yang bisa menjadi magnet bagi para talenta hebat dan sekaligus menjadi engine, menjadi motor, menjadi katalis kemajuan Indonesia," ujar Pratikno seusai menyerahkan Surat Presiden terkait Rancangan Undang-Undang IKN kepada DPR RI di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

3. Golkar resmi ajukan Lodewijk sebagai pengganti Azis Syamsuddin

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan nama Lodewijk Paulus sebagai calon Wakil Ketua DPR RI, yang diserahkan langsung kepada pimpinan DPR.

"Partai Golkar telah memutuskan untuk menunjuk saudara Lodewijk Paulus sebagai calon Wakil Ketua DPR menggantikan saudara Azis Syamsudin," kata Airlangga dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. DPR gelar Paripurna Kamis (30/9) bahas usulan nama Lodewijk

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan DPR RI akan menggelar Rapat Paripurna pada Kamis (30/9) dengan salah satu agenda membahas persetujuan usulan Partai Golkar yang mengajukan nama Lodewijk Paulus sebagai Wakil Ketua DPR RI.

"Kami akan menjalankan mekanisme proses pergantian antar-waktu Pimpinan DPR dari Partai Golkar untuk segera diteruskan pada Rapat Paripurna pada Kamis (30/9)," kata Puan dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Baleg setujui RUU Pendidikan Kedokteran jadi usul inisiatif DPR

Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menyetujui pengambilan keputusan atas hasil penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pendidikan Kedokteran menjadi usul inisiatif DPR dan untuk diteruskan dalam pembahasan lebih lanjut.

"Apakah RUU Pendidikan Kedokteran ini bisa diteruskan dalam pembahasan lebih lanjut," kata Ketua Badan Legislasi DPR RI Supratman Andi Agtas di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021