Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI Iwan Bogananta menyerahkan surat kepercayaan (letter of credentials) dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Albania Ilir Meta.

Penyerahan surat kepercayaan tersebut menandai dimulainya tugas Iwan Bogananta sebagai Dubes RI untuk Albania, demikian keterangan tertulis KBRI Sofia yang diterima pada Kamis.

Pada hari  upacara penyerahan  yang berlangsung Senin (27/9), Dubes Iwan menuju Kantor Presiden Albania menggunakan kendaraan khusus yang disediakan pemerintah setempat.

Acara dimulai dengan penyambutan oleh pasukan kehormatan, upacara kredensial, dan pertemuan terbatas.

Baca juga: KBRI Sofia gelar promosi di Albania dan Macedonia

Pada saat penyerahan surat kepercayaan, Dubes Iwan menyampaikan salam persahabatan dari Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Presiden Ilir Meta dan rakyat Albania.

Salam persahabatan tersebut disambut hangat oleh Presiden Ilir Meta yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan sahabat dan mitra penting di kawasan Asia. Ia menyampaikan salam hangatnya kembali kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia.

Dubes Iwan juga menyampaikan apresiasi Indonesia atas hubungan baik dengan Albania yang telah terbina sejak 27 tahun silam.

Pada akhir kegiatan, Dubes RI mempersembahkan sepeda bambu karya anak Indonesia, dengan harapan dapat membangun hubungan bilateral yang lebih erat ke depannya.

Acara penyerahan surat kepercayaan kepada Presiden Albania berlangsung dalam suasana hangat dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Baca juga: Astari Rasjid lantik konsul kehormatan di Albania

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021