Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Endro Suswantoro menegaskan partai politik (parpol) merupakan corong masyarakat dalam menyampaikan aspirasi saat ini.

"Baik atau buruknya suara masyarakat harus disampaikan oleh partai politik," kata Endro dalam webinar Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia secara daring di Jakarta, Kamis.

Webinar itu mengangkat tema Sukses Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: KPU: Pemanfaatan teknologi untuk Pemilu 2024 harus didukung UU Pemilu

Endro menjelaskan pemilu sebagai penerjemahan demokrasi membutuhkan partai politik yang sehat. Sehat dalam artian untuk rakyat yang menjadi subjek dalam demokrasi.

"Jadi bagaimana cara kita untuk menjadikan corong-corong rakyat ini menjadi lebih baik," harap anggota Komisi II DPR RI itu.

Hendro mengatalkan demokrasi dapat digunakan menjadi alat untuk menyejahterakan rakyat karena rakyat merupakan tuan yang akan memilih wakil-wakilnya.

"Ini menjadi tugas bersama menyehatkan proses demokrasi, tidak hanya partai politik, tetapi semuanya, elemen pemerintahan hingga penyelenggara pemilu," kata Endro.

Baca juga: KPU kaji usulan pemerintah gelar Pemilu 2024 pada 15 Mei

Endro menegaskan pelaksanaan pemilu dari waktu ke waktu sudah cukup baik. Namun, kata dia, pelaksanaan yang baik itu belum beriringan dengan kualitas kesejahteraan rakyat.

Endro menyampaikan terkait penentuan jadwal pemilu, penyelenggara, dan pemerintah juga harus melihat suasana kebatinan masyarakat.

"Kita harus mempersiapkan untuk situasi dan kondisi terburuk saat penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak  2024," harap Endro,

Baca juga: Anggota DPR: Buat kajian komprehensif terkait pelaksanaan Pemilu 2024
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021