Jakarta (ANTARA) -- Entitas Anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. [WIKA], PT WIKA Industri dan Konstruksi (WIKA IKON), kembali mengekspor sekitar 3.600 set komponen mobil produksi ke Thailand. Komponen mobil berupa Roof Rack Set yang diproduksi Pabrik Plastic, Pressing & Casting (PPC) WIKA IKON telah memasuki pengiriman keempat ke ITOCHU, Thailand pada medio September 2021 ini. Produk-produk tersebut akan diaplikasikan pada bagian kerangka atap mobil Toyota Fortuner produksi Toyota Motor Thailand.

Sekretaris Perusahaan WIKA, Mahendra Vijaya menuturkan bahwa dipercayanya WIKA IKON oleh ITOCHU sebagai eksportir produk komponen mobil ini didasarkan atas jalinan kerja sama yang baik selama ini antara WIKA IKON & ITOCHU dalam melakukan Product Development Design secara jangka panjang dan mengacu pada kualitas produk yang telah teruji dengan sangat baik.

“Harapannya atas ekspor ini menjadi tolak ukur atas sebuah optimisme WIKA IKON dalam menghasilkan produk-produk Part Automotive berkualitas yang diakui dunia," terang Mahendra.

Rencana pengiriman komponen ini secara keseluruhan terbagi dalam 6 Batch. Batch pertama, kedua dan ketiga, masing-masing telah dilaksanakan pada bulan Maret, Mei dan Juli 2021.

Genggam 100 persen saham Gesits

Selain berhasil melakukan ekspor, WIKA IKON kini juga sudah menguasai 100 persen saham produsen sepeda motor listrik Gesits. Hal itu ditandai dengan diakuisisinya 10,66 persen saham milik PT Gesits Technologies Indonesia (GTI) pada PT Wijaya Karya Industri Manufaktur (WIMA) yang merupakan perusahaan patungan manufaktur motor listrik Gesits antara WIKA IKON dan GTI.

Sekretaris Perusahaan WIKA, Mahendra Vijaya dalam laporan keterbukaan informasi yang disampaikan kepada IDX, Selasa (28/9) mengatakan bahwa transaksi jual-beli tersebut telah berlangsung pada 24 September 2021.

Untuk mengakuisisi 6.800 lembar saham, atau setara 10,66 persen saham yang ditempatkan dan disetor di WIMA tersebut, WIKON menggelontorkan dana sebesar Rp36,5 miliar. "Usai transaksi ini, WIKON menjadi pemegang 100% saham WIMA." terangnya.

GESITS sendiri merupakan electric vehicle yang mengandalkan motor listrik bertenaga 6,7 dk dan torsi 30 Nm yang mendapat daya listrik dari baterai berkapasitas 1.396 Watt. Dalam keadaan penuh, motor ini bisa menjelajah hingga 50 km.

Pengisian baterainya dapat dilakukan dengan 2 cara: normal charging yang mengambil daya listrik sebesar 350 wH dan fast charging 450 wH. Sehingga, pada mode normal, kecepatan pengisiannya membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam, sedangkan pengisian cepat 3-4 jam.

Terdapat 3 macam mode berkendara yang ditawarkan, mencakup Eco, Urban, dan Sport. Masing-masing menawarkan kecepatan puncak dan jarak tempuh berbeda. Tipe Sport bisa melaju hingga 60-70 km/jam.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021