Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mendorong seluruh koperasi di Indonesia untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi berbasis digital sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada anggota dan masyarakat.

Para pemangku kepentingan dan pelaku koperasi di Indonesia harus berupaya mengubah citra koperasi menjadi lebih modern, kata Wapres Ma’ruf dalam acara Grand Launching Nasari Digital melalui konferensi video dari Jakarta, Sabtu.

"Sudah saatnya koperasi mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan melakukan transformasi digital, harus mengubah citra koperasi menjadi modern, baik dalam pengelolaan usaha, pelayanan anggota, dan akses pembiayaan," kata Wapres dari kediaman resmi Wapres di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Wapres hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Wapres mengatakan pemerintah terus berkomitmen untuk memenuhi keperluan infrastruktur di sektor telekomunikasi dan informasi dalam rangka mendukung upaya transformasi digital koperasi tersebut.

Selain itu, tambahnya, pemerintah melalui Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Kemenkop dan UKM) juga menambah jumlah koperasi berbasis digital.

"Kemenkop dan UKM menargetkan 100 koperasi modern dan berbasis digital pada tahun 2021. Koperasi juga diharapkan mampu meningkatkan kontribusi terhadap PDB (produk domestik bruto) per tahun mencapai 5,1-5,5 persen pada 2024," jelasnya.

Baca juga: Wapres minta Untirta jadi mitra pemerintah ciptakan SDM unggul

Oleh karena itu, Wapres meminta seluruh koperasi dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk terus menggiatkan kegiatan ekonomi rakyat.

"Saya berharap seluruh koperasi dan pelaku UMKM dapat terus berusaha dan mampu bangkit untuk menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat guna mendukung pemulihan ekonomi nasional," ujarnya.

Baca juga: Wapres ajak investor asing tidak ragu investasi di KIH Indonesia

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021