Merauke, (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Djoinaldy memimpin defile kontingen Sumatera Barat saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2021 di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10/).

Wakil Sekretaris III KONI Sumbar, Rozi Rizqullah Rabani dalam keterangan tertulis, Sabtu mengatakan bahwa Audy Djoinaldy sudah mendarat di Bandara Sentani sejak Sabtu siang ini.

Menurut Rozi, kontingen Sumbar akan menjadi satu dari 34 kontingen yang akan tampil dalam barisan defile kontingen pada pembukaan PON XX Papua 2021 dan akan melibatkan 20 peserta. 

Ia mengatakan jumlah itu sesuai dengan ketentuan terkait dengan pembatasan yang hanya mengizinkan sepuluh persen dari jumlah atlet yang diberangkatkan untuk keikutsertaannya PON kali ini.

Pembukaan PON XX ini langsung dipimpin Presiden Joko Widodo yang didampingi sejumlah menteri dan Gubernur Papua.

"Kondisi tentu berbeda dengan kondisi sebelumnya. Ini tak terlepas dari upaya pembatasan oleh panitia demi mengurangi jumlah orang yang akan ikut terlibat karena masih pandemi Covid-19," katanya.

Sebelum masuk ke dalam stadion yang dibangun dengan nilai hingga Rp1,3 triliun itu, peserta defile dan undangan wajib mengikuti protokol kesehatan.

Mereka juga wajib mengikuti tes PCR untuk memastikan mereka terbebas dari COVID-19 selama mengikuti  upacara pembukaan PON di stadion yang terletak di di Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

"Seluruh peserta asal Sumbar sudah diikutkan tes PCR dan mereka kini sudah bersiap untuk tampil di stadion. Panitia juga sudah memastikan seluruh peserta sudah masuk dalam stadion sebelum pukul 18.00 WIT dan pada pukul 19.00 WIT, pintu stadion ditutup untuk persiapan pelaksanaan upacara pembukaan," katanya.

Sebelum ke stadion, Audy bersama Ketua Umum KONI Sumbar Agus Suardi menyempatkan diri untuk menjenguk atlet muaythai Sumbar, Dion Saputra di RSUD Yowari Kabupaten Jayapura yang mengalami cedera cukup berat saat bertanding.

Baca juga: Gubernur Sumbar janjikan bonus lebih besar
Baca juga: Dibekali rendang, atlet atletik Sumbar mendarat di Mimika

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021