Lamongan capai target vaksinasi 70 persen dosis pertama

Lamongan capai target vaksinasi 70 persen dosis pertama

Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Lamongan, Minggu (3/10) (ANTARA/HO-Pemkab Lamongan)

Lamongan, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mengklaim telah memenuhi target vaksinasi 70 persen dosis pertama, ditambah capaian 60 persen vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia (lansia).

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di Lamongan, Minggu, mengatakan terpenuhinya target 70 persen dosis pertama ini bukti keseriusan pemerintah daerah dalam penanganan COVID-19.

"Alhamdulillah Kabupaten Lamongan mancapai target vaksinasi 70 persen dosis pertama, lebih tepatnya 70,74 persen. Begitu juga lansia, capaian vaksinasinya sudah mencapai 62,05 persen," kata Yuhronur usai meninjau langsung vaksinasi di Masjid Agung Lamongan dan di Kantor Partai Golkar Lamongan.

Baca juga: Mendes jadikan Lamongan percontohan penanganan kemiskinan ekstrim

Yuhronur dalam siaran persnya mengatakan, keberhasilan ini diraih atas kerja sama semua pihak, yakni pemerintah daerah, TNI, Polri, tenaga kesehatan, relawan serta dukungan masyarakat.

Ia meminta masyarakat untuk tidak jumawa, dan tetap melaksanakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, serta tidak berkerumun. Selain itu, tetap membiasakan mencuci tangan.

Baca juga: Walau PPKM level 1, Bupati Lamongan minta warga tetap taati prokes

Baca juga: Wagub Jatim tinjau pelaksanaan sekolah tatap muka pertama di Lamongan

"Meskipun mencapai target, Pemkab Lamongan akan tetap melakukan vaksinasi, hal ini untuk mendapatkan kekebalan komunal, dan protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan," katanya.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pemkab Lamongan, Arif Bakhtiar menjelaskan bahwa saat ini vaksinasi dosis pertama telah diberikan kepada 749.517 orang atau 70,74 persen dari total sasaran 1.063.543 orang.

Sedangkan untuk lansia dari sasaran 158.377 orang telah dilakukan vaksinasi dosis pertama pada 98.276 orang atau 62,05 persen.

Baca juga: Sebanyak 110 rumah sakit rujukan di Jatim nol pasien COVID-19

Baca juga: PTM SMP di Surabaya dialihkan sementara ke daring

Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021