Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN pada Senin (4/10) menunjuk Dony Oskaria sebagai Direktur Utama dan Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero).

Plt. Asisten Deputi Bidang Jasa Pariwisata dan Pendukung Kementerian BUMN Endra Gunawan mengatakan penetapan jajaran direksi dan jajaran komisaris PT Aviasi Pariwisata Indonesia merupakan salah satu milestone dalam proses pembentukan Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung.

"Pada hari ini Menteri BUMN telah menetapkan jajaran direksi dan jajaran komisaris PT Aviasi Pariwisata Indonesia yang memiliki keahlian, kemampuan, serta pengalaman, untuk dapat membangkitkan kembali dan mengoptimalkan sektor pariwisata yang memiliki peran penting dalam perekonomian nasional,” ujar Endra dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) akan menjadi pemimpin dari Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung yang merupakan holding bersifat ekosistem untuk mengintegrasikan berbagai fungsi dalam menunjang sektor pariwisata.

Keberadaan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) sebagai pemimpin holding akan bermanfaat bagi seluruh pelaku di sektor pariwisata.

Baca juga: Menparekraf: Holding BUMN Aviata dorong sinergi kebijakan dan data

Untuk tahap pertama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) menjadi pemimpin Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung yang beranggotakan PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), dan PT Sarinah (Persero).

Melalui Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Persero PT Aviasi Pariwisata Indonesia Nomor: SK-336/MBU/10/2021, ditetapkan jajaran direksi PT Aviasi Pariwisata Indonesia adalah:

- Direktur Utama: Dony Oskaria
- Wakil Direktur Utama: Edwin Hidayat Abdullah
- Direktur SDM dan Digital: Herdy Rosadi Harman

Sementara itu melalui Keputusan Nomor SK-337/MBU/10/2021, ditetapkan jajaran komisaris PT Aviasi Pariwisata Indonesia adalah:

- Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen: Triawan Munaf
- Komisaris: Odo Manuhutu
- Komisaris: Wihana Kirana Jaya
- Komisaris Independen: Elwin Mok

Baca juga: Presiden Jokowi ingin lompatan di sektor pariwisata

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021