Merauke, (ANTARA) - Binaragawan andalan Sumbar, Muswar atau Iwan Samuray berhasil membuat hattrick medali emas PON di cabang binaraga dengan menjuarai  di kelas 75kg di PON Papua XX 2021 pada Senin.

Pria berbadan kekar itu berhasil meraih medali emas tiga kali berturut-turut di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) yang dimulai di PON Riau 2012 di kelas 70kg, PON Jawa Barat 2016 dan pada PON Papua 2021 kelas 75kg.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Djoinaldy melalui keterangan tertulis di Merauke, Senin mengatakan keberhasilan ini agar mampu memicu semangat atlet lainnya memberikan yang terbaik untuk Sumbar.

"Sekali lagi, selamat atas keberhasilan mempertahankan capaian terbaik di arena PON dan terima kasih sudah memberikan yang terbaik untuk Sumatera Barat," kata dia.

Iwan Samuray kembali mencatatkan namanya sebagai yang terbaik di PON untuk kelas 75kg dengan menyingkirkan pesaing terdekatnya.

Dengan keberhasilan ini, Sumbar sudah mengoleksi tiga medali emas dan kemungkinan akan terus bertambah karena masih ada cabang-cabang unggulan yang belum bertanding

Pada kontes bina raga yang berlangsung di Auditorium Universitas Cenderawasih, Iwan Samuray berhak atas medali emas ketiganya sejak PON Riau XVIII tahun 2012 lalu.

Bertanding di kelas yang mengantarnya meraih medali serupa pada PON XIX Jawa Barat tahun 2016 lalu, Iwan begitu tangguh bagi pesaing terdekatnya asal Bangka Belitung dan Jawa Tengah.

Iwan unggul atas Abdul Manan asal Bangka Belitung yang berhak atas medali perak. Sementara, binaragawan Taat Pribadi asal Jawa Tengah berhak atas medali perunggu.

Baca juga: Tuan rumah Papua pesta emas dari binaraga
Baca juga: Sumatera Barat incar satu emas dari binaraga PON Papua
Baca juga: PABSI siap jatuhkan sanksi untuk Iwan Samurai


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021