Sambut HUT TNI, Pupuk Kaltim salurkan beasiswa putra-putri TNI/Polri

Sambut HUT TNI, Pupuk Kaltim salurkan beasiswa putra-putri TNI/Polri

Penyerahan bantuan beasiswa PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bagi putra-putri TNI/Polri berprestasi di tingkat perguruan tinggi. ANTARA/HO-Pupuk Kaltim

Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menyalurkan beasiswa bagi putra-putri TNI dan Polri berprestasi di tingkat perguruan tinggi melalui program sinergi Pupuk Kaltim dengan PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai bentuk dukungan terhadap pendidikan putra putri anggota TNI dan Polri di Indonesia.

SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan tahun ini penerima beasiswa berupa uang kuliah tunggal (UKT) dan biaya hidup (living cost) selama menempuh perkuliahan di wilayah Kalimantan Timur sebanyak 10 orang, dengan tiga di antaranya dari Kota Bontang.

Bertepatan dengan peringatan Hari TNI pada 5 Oktober 2021, beasiswa diberikan khusus bagi anak anggota TNI dan Polri di Indonesia, yang sedang menempuh perkuliahan, dengan proses seleksi dilakukan Pupuk Indonesia.

Baca juga: Pupuk Kaltim ajak masyarakat cintai batik sebagai identitas nasional

Para penerima merupakan putra-putri kandung anggota TNI dan Polri aktif dengan pangkat orangtua maksimal perwira pertama atau setingkat. Penerima beasiswa adalah mahasiswa perguruan tinggi di tingkat diploma 3 dan strata 1, minimal sedang menempuh kuliah semester 3 dengan IPK 3,00.

"Beasiswa ini sebagai bentuk kepedulian BUMN terhadap tanggung jawab bela negara oleh anggota TNI dan Polri, sekaligus upaya meningkatkan SDM yang unggul melalui pendidikan," ujar Teguh saat penyerahan beasiswa di Bontang, Kaltim, Senin (4/10/2021).

Sedangkan, untuk kategori umum, Pupuk Kaltim juga menyalurkan beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP) yang telah berjalan selama 13 tahun.

Program ini sebagai wujud kontribusi perusahaan dalam mendukung peningkatan SDM di Kota Bontang dan Kaltim dengan memberikan pendidikan lebih layak bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu secara finansial.

"Saat ini, total penerima manfaat ada 188 orang untuk tingkat perguruan tinggi, serta 126 anak untuk tingkat SD hingga SMA," kata Teguh.

Program PKTPP menanggung seluruh kebutuhan pendidikan mulai dari biaya tes masuk, biaya pendidikan penuh, akomodasi, uang saku dan pemondokan untuk mahasiswa, hingga biaya buku dan sebagainya.

Pupuk Kaltim juga memberikan bantuan biaya penelitian bagi mahasiswa tingkat akhir, agar dapat menyelesaikan studi tepat waktu.

Nurul Hasanah Hafit, mewakili penerima beasiswa putra putri TNI/Polri menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian Pupuk Kaltim bersama Pupuk Indonesia, karena beasiswa ini sangat membantunya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan biaya perkuliahan.

Nurul merupakan putri anggota Satreskoba Polres Bontang yang tengah menempuh perkuliahan semester 6 jurusan D3 Keperawatan di Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur (Poltekkes Kaltim).

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pupuk Kaltim dan Pupuk Indonesia, karena beasiswa ini sangat membantu untuk biaya semester dan kebutuhan selama perkuliahan," katanya.

Ia berharap program beasiswa ini dapat terus berlanjut agar putra putri TNI dan Polri lainnya turut mendapat kesempatan serupa.

Beasiswa ini juga menjadi motivasi bagi Nurul dan para penerima lainnya untuk terus meningkatkan prestasi dan lulus dengan nilai terbaik.

"Semoga program beasiswa ini ada terus, sehingga putra putri TNI dan Polri lainnya di Kaltim turut merasakan manfaat program ini ke depannya," harap Nurul.

Baca juga: Minimalkan emisi amoniak, Pupuk Kaltim raih Penghargaan Subroto 2021
Baca juga: Pupuk Kaltim salurkan 1.000 paket sembako-alkes ke Fakfak Papua Barat
Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021