Menlu Blinken pimpin tim AS dalam dialog keamanan di Meksiko Jumat ini

Menlu Blinken pimpin tim AS dalam dialog keamanan di Meksiko Jumat ini

Seorang migran pencari suaka di AS berpegangan pada tali yang memandu mereka melewati arus, saat menyeberangi sungai Rio Grande ke Meksiko dekat Jembatan Internasional antara Meksiko dan AS, di Ciudad Acuna, Meksiko, (22/9/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Adrees Latif T/aww.

Washington (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken akan bertolak ke Meksiko City pada Jumat (8/10) untuk memimpin delegasi pada pembicaraan keamanan tingkat tinggi antara negara-negara tetangga, menurut keterangan Gedung Putih, Senin (4/10).

Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Alejandro Mayorkas, Jaksa Agung AS Merrick Garland, dan beberapa pejabat lainnya akan mendampingi Blinken untuk berpartisipasi dalam dialog keamanan tingkat tinggi antara AS dan Meksiko yang pertama kali dalam pemerintahan Presiden Joe Biden.

“Penjajakan dialog tersebut dimulai pada beberapa bulan sebelumnya terkait upaya melindungi rakyat kita, mencegah kejahatan lintas batas, dan memburu jaringan kriminal, sekaligus menjunjung hak asasi manusia dan supremasi hukum,” kata Gedung Putih terkait pembicaraan tersebut.

Dialog dipicu masalah migrasi yang terus mengganggu kedua negara Amerika Utara itu, yang berbagi perbatasan sepanjang 1.960 mil atau 3.155 kilometer.

Baru-baru ini, ribuan migran Haiti membentuk kamp besar dadakan di perbatasan Meksiko-AS.

Beberapa dari mereka telah kembali ke Haiti, sementara yang lain tengah menunggu agar kasus untuk mendapatkan suaka mereka didengar oleh AS atau tetap tersebar di seluruh Amerika Latin untuk mencari tempat berlindung.

Namun, AS dan Meksiko sudah menjalin hubungan yang lebih luas.

AS berperan sebagai pemasok utama peralatan militer ke Meksiko dan memiliki kepentingan khusus dalam upaya memerangi kejahatan narkoba.
 

Sumber: Reuters

Baca juga: Meksiko minta AS dukung program kesejahteraan untuk kekang migrasi

Baca juga: Meksiko dan utusan Biden bahas "akar penyebab" migrasi

Pewarta : Juwita Trisna Rahayu
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021