BPJS Kesehatan salurkan bantuan korban banjir di Kapuas Hulu-Kalbar

BPJS Kesehatan salurkan bantuan korban banjir di Kapuas Hulu-Kalbar

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sintang Eka Susilamijaya (kiri), Rabu (6/10/2021) di Putussibau, menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada Sekda Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat Mohd Zaini (kanan) untuk korban banjir yang terjadi di Kapuas Hulu. ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Sintang/Teofilusianto Timotius.

Putussibau, Kalbar (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sintang menyalurkan bantuan berupa sembako untuk korban banjir di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang diserahkan secara simbolis kepada pemerintah labupaten (pemkab) setempat.

"Kami turut prihatin atas banjir yang melanda Kapuas Hulu. Untuk itu kami memberikan sedikit bantuan berupa sembako untuk warga terdampak banjir," kata Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sintang Eka Susilamijaya, saat menyerahkan bantuan ke Pemkab Kapuas Hulu, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu.

Ia mengatakan bantuan sembako yang diserahkan tersebut diharapkan dapat sedikit meringankan beban masyarakat terdampak banjir di wilayah Kapuas Hulu.

Dalam kesempatan tersebut, Eka juga mengapresiasi atas dukungan Pemkab Kapuas Hulu dalam program-program BPJS Kesehatan di Kapuas Hulu.

"Sedikit yang kami bisa berikan, mohon diterima dan dimanfaatkan untuk membantu masyarakat terdampak banjir, semoga di kemudian hari kami masih bisa memberikan hal-hal positif untuk masyarakat," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kapuas Hulu Mohd Zaini mengatakan banjir di Kapuas Hulu memang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana dua tahun berturut-turut banjir besar terjadi di Kapuas Hulu, yaitu 2020 dan 2021.

"Tahun ini ada tiga kali banjir cukup besar pada Juli, Agustus dan Oktober, kondisi ini cukup berbeda, banjir besar yang biasanya terjadi 10 tahun sekali kini sudah sering terjadi banjir," katanya.

Ia mengatakan Pemkab Kapuas Hulu berupaya membantu korban banjir di tengah keterbatasan anggaran, namun bencana alam tidak bisa di hindari sudah kehendak sang kuasa.

"Semoga masyarakat Kapuas Hulu dapat mengambil hikmah dari bencana yang terjadi, atas nama masyarakat dan Pemkab Kapuas Hulu kami ucapkan terima kasih atas kepedulian BPJS Kesehatan Cabang Sintang," kata Mohd Zaini.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu banjir yang terjadi pada 2-3 Oktober 2021 merendam 10.596 rumah warga terdiri dari 14.213 kepala keluarga dan 43.783 serta jiwa 228 fasilitas umum yang terdampak banjir.

Baca juga: BPBD Kapuas Hulu sebut 10.596 rumah warga terendam banjir

Baca juga: Tinjau lokasi banjir, Bupati Kapuas Hulu minta warga tetap waspada

Baca juga: Kapuas Hulu ditetapkan jadi daerah darurat bencana

 
Pewarta : Teofilusianto Timotius
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021