Jakarta (ANTARA) - Dua gol Ferran Torres mengantarkan timnas Spanyol ke final UEFA Nations League dengan mengalahkan Italia 2-1 di San Siro, Milan pada Kamis dini hari WIB, demikian catatan laman resmi UEFA.

Tim tuan rumah asuhan Roberto Mancini sudah kebobolan dua gol di babak pertama lewat dan harus bermain dengan 10 orang setelah Leonardo Bonucci diganjar kartu kuning kedua.

Sementara itu, gol Gli Azzurri dicetak oleh Lorenzo Pellegrini di babak kedua.

Baca juga: Italia persembahkan sukses Nations League sebagai hadiah bagi Mancini
Baca juga: Timnas Italia ukir rekor baru tak terkalahkan di pertandingan resmi


Tampil sebagai tuan rumah, Italia sudah menebarkan ancaman pada menit ke-4 lewat tembakan Federico Chiesa dari luar kotak penalti, tetapi Unai Simon bisa menepis bola dengan baik.

Dua menit berselang giliran Alessandro Bastoni yang mengancam Spanyol melalui sepakan dari luar kotak penalti. Sayangnya, bola masih mengarah langsung ke pelukan Unai Simon.

Meski memainkan umpan-umpan pendek, Spanyol masih kesulitan menciptakan peluang berarti setelah laga berjalan 10 menit.

Pada menit ke-12, Spanyol akhirnya bisa mendapatkan peluang bagus. Kiper Gianluigi Donnarumma sempat terkecoh dengan umpan tarik Pablo Sarabia dan Mikel Oyarzabal kemudian melepaskan tembakan dari jarak dekat, tetapi masih bisa dihalau oleh Bastoni.

Tim Spanyol asuhan Lui Enrique akhirnya berhasil memimpin pada menit ke-17. Bola umpan silang Mikel Oyarzabal berhasil disambar Feran Torres dan membawa tim Matador unggul 1-0.

Semenit kemudian, Italia hampir kemasukan lagi setelah bola tangkapan Donnarumma dari tembakan Marcos Alonso terlepas dan mengenai tiang.

Namun, Leonardo Bonucci dengan sigap membuang bola sebelum disambar oleh Koke.

Baca juga: Juara Euro akan hadapi juara Copa America pada Juni 2022

Spanyol masih tetap memainkan operan-operan pendek, dengan Italia melakukan sangat aktif melakukan tekanan.

Federico Bernardeschi nyaris merobek gawang Spanyol pada menit ke-34. Dari sisi kanan dia menusuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan, tetapi Unai Simon masih bisa menepis bola sebelum akhirnya membentur tiang.

Semenit berselang Italia hampir mencetak gol setelah tendangan Lorenzo Insigne melebar dari target, padahal pemain Napoli tersebut berada dalam posisi bebas.

Petaka menimpa Italia pada menit ke-42 karena Bonucci diganjar kartu kuning kedua setelah menyikut wajah Sergio Busquets.

Bonucci mendapatkan kartu kuning pertama pada menit ke-30 karena melakukan protes keras ke wasit Sergei Karasev.

Menjelang babak pertama usai, Italia justru kebobolan lagi. Oyarzabal kembali mengirim umpan silang dan bola disambut dengan sundulan Ferran Torres untuk membawa Spanyol unggul 2-0.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan dua gol Spanyol.

Baca juga: Roberto Sanchez mengaku bangga atas debutnya di timnas Spanyol

Selepas jeda istirahat, Spanyol langsung mengurung tuan rumah di 10 menit awal. Italia bertahan dengan cukup baik dan sempat dapat kesempatan lewat serangan balik, tetapi Chiesa keburu terkena jebakan offside.

Spanyol nyaris memperbesar keunggulan pada menit ke-62. Bola sundulan Oyarzabal di mulut gawang Italia masih sedikit melebar.

Tim tamu kembali gagal menambah gol pada menit ke-77. Tembakan Marcos Alonso dari jarak dekat masih bisa diselamatkan oleh Donnarumma.

Italia akhirnya dapat memperkecil kedudukan pada menit ke-83. Chiesa berhasil merebut bola dari pemain Spanyol dan berhadapan satu lawan satu dengan Unai Simon.

Dia tidak melepaskan tembakan dan memilih memberikan bola ke Lorenzo Pellegrini yang diselesaikan menjadi gol. Kedudukan menjadi 1-2.

Kemenangan ini membawa Spanyol ke final dan hanya harus menanti pemenang dari laga semifinal lainnya antara Belgia melawan Prancis, Jumat (8/10) dini hari WIB.

Susunan Pemain:

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci (c), Alessandro Bastoni, Emerson; Nicolo Barella (Davide Calabria 72'), Jorginho (Lorenzo Pellegrini 64'), Marco Verratti (Manuel Locatelli 58'); Federico Chiesa, Federico Bernardeschi (Giorgio Chiellini 46'), Lorenzo Insigne (Moise Kean 58').

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Pau Torres, Marcos Alonso; Koke (Mikel Merino 75'), Sergio Busquets (c), Gavi (Sergi Roberto 84'); Pablo Sarabia (Bryan Gil 75'), Ferran Torres (Yeremi Pino 49'), Mikel Oyarzabal.

Baca juga: Roberto Martinez akan lanjutkan jabatan pelatih timnas Belgia
 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021