Penerapan prokes di lokasi senam PON Papua berjalan optimal

Penerapan prokes di lokasi senam PON Papua berjalan optimal

Para penonton senam artistik di Istora Papua Bangkit yang mengikuti dan taat para protokol kesehatan untuk PON Papua, Kamis (7/10/2021). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jayapura (ANTARA) -
Penerapan protokol kesehatan di Istora Papua Bangkit yang menjadi lokasi perhelatan kompetisi senam selama PON XX Papua berjalan cukup baik dan optimal.
 
Berdasarkan pantauan ANTARA, pemeriksaan dan penerapan protokol kesehatan dimulai dari awal pengunjung akan masuk ke lokasi hingga ketika menonton para atlet berlaga di arena senam.
 
Penonton yang akan masuk diwajibkan menunjukkan bukti vaksinasinya sebelum memasuki tribun untuk menyaksikan pertandingan.
 
Jika penonton belum menerima vaksin dan ingin menonton maka panitia sudah menyediakan pengetesan cepat antigen untuk memastikan penonton tak terjangkit COVID-19.
 
Memasuki area tribun untuk menyaksikan laga kompetisi, para penonton pun diminta untuk duduk di tempat- tempat yang sudah di beri jarak.
 
Jarak antara satu penonton ke penonton lainnya berjarak dua kursi dan cukup sebagai syarat dari salah satu protokol kesehatan yaitu menjaga jarak.

Baca juga: Karena protokol kesehatan, penonton PON punya pilihan
 
Salah satu penonton di Istora Papua Bangkit yang menyaksikan laga kualifikasi senam ritmik, Markus, mengaku puas dengan penerapan protokol kesehatan di lokasi perhelatan senam untuk PON Papua.
 
"Ini bagus sih, diingatkan terus. Dari pengeras suara, lalu tadi ada yang turunin masker diingatkan juga sama panitia yang berjaga di dekat tribun," kata Markus.
 
Markus pun bahkan menyiapkan penggunaan masker ganda untuk memproteksi dirinya agar tidak terjangkit COVID-19.
 
Markus merasa bangga, berlangsungnya PON Papua bisa berjalan beriringan dengan penerapan protokol kesehatan sehingga acara multi event terbesar itu bisa tetap terselenggara dengan maksimal meski dalam kondisi pandemi.
 
Selanjutnya: para petugas ...

Kapolri Jenderal Pol Sigit Prabowo didampingi Menpora Zainudin Amali dan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri saat melihat penerapan prokes terkait COVID-19 pada sejumlah venue di Jayapura. (ANTARA/HO/Humas Polda Papua)


Para petugas yang mengingatkan penggunaan masker di dekat tribun penonton, terlihat juga berjaga dengan ketat untuk mengingatkan penonton tetap duduk sesuai jarak yang ditentukan.

Penonton lainnya Eel dari Jayapura Utara merasakan pengawasan protokol kesehatan itu berjalan baik sehingga bisa memberikan rasa keamanan bagi dirinya.
 
"Kami datang satu rombongan, tapi saya merasa aman karena duduknya berjarak. Jadi tetap bisa menjaga protokol kesehatan. Tidak berdesak-desakan," kata Eel.
 
Ia berharap penerapan dan pengawasan protokol kesehatan yang optimal itu juga dapat terjaga agar pandemi COVID-19 tidak mengganggu jalannya PON XX di Papua.

Selain para penonton, para peserta kompetisi, pelatih, serta panitia juga ikut mengikuti protokol kesehatan.

Para atlet yang sudah selesai tampil dengan segera diminta menggunakan masker.

Dengan demikian penerapan protokol kesehatan menjadi hal yang diprioritaskan, seluruh pihak yang ada memastikan acara kompetisi di Istora Papua Bangkit selama PON XX Papua berjalan dengan baik.

Baca juga: Kapolri minta pengawasan protokol kesehatan PON XX Papua diperkuat
Baca juga: BNPB kirim tiga juta masker perkuat protokol kesehatan PON XX Papua
Baca juga: PON Papua dan ekspos protokol kesehatan
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021