Satgas COVID-19 nilai prokes di Arena Akuatik PON Papua berjalan baik

Satgas COVID-19 nilai prokes di Arena Akuatik PON Papua berjalan baik

Pengunjung yang hadir di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, terus menjaga protokol kesehatan saat memberi dukungan kepada peserta PON Papua, Kamis (7/10/2021). (ANTARA/Muhammad Ramdan)

Jayapura (ANTARA) -
Wakil Ketua Satuan Tugas (Satgas) Protokol Kesehatan PON Papua, Afrial Rosya, menilai penerapan protokol kesehatan di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, berjalan dengan baik.

"Tadi di depan saya lihat ada gerai masker dan vaksin. Hari ini kami bagikan 4 ribu masker gratis di arena akuatik untuk memastikan semua pengunjung yang datang mentaati protokol kesehatan," kata Afrial Rosya kepada ANTARA di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kamis.
 
Selain itu, sambung Afrial, baik penonton dan panitia penyelenggara, secara konsisten melakukan jaga jarak. Sehingga secara keseluruhan, menurutnya, di arena lomba renang artistik dan selam kolam ini penerapan protokol kesehatan berjalan optimal.
 
"Dari awal kita sepakat untuk membatasi penonton 25 persen dari kapasitas arena perlombaan. Panitia melakukannya dengan baik dan ini harus konsisten dilakukan agar tidak ada kasus baru dari PON Papua ini," ujar Afrial menuturkan.
 
Satgas COVID-19 rutin menyisir setiap arena pertandingan dan perlombaan di empat klaster penyelenggaraan PON Papua yakni di Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Baca juga: Menpora apresiasi ketaatan prokes dalam PON Papua
Baca juga: Temuan kasus COVID-19 dan protap penanganan di PON Papua
 
Khusus untuk Arena Akuatik Kampung Harapan, panitia penyelenggara juga terus mengingatkan pengunjung untuk mentaati protokol kesehatan.
 
Dalam arena perlombaan, tak henti-hentinya pihak penyelenggara dengan menggunakan pengeras suara mengimbau agar pengunjung tertib menggunakan masker dan jaga jarak.
 
Selain itu, tempat duduk dari penonton ke penonton lainnya berjarak dua kursi dan diberi tanda silang serta dilipat sebagai tanda tak bisa digunakan. Pun demikian di luar arena, tampak sejumlah petugas yang memberikan imbauan serupa.

Selain itu, pengunjung yang ingin menyaksikan perlombaan harus menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19. Semuanya dilakukan agar penyelenggaraan PON Papua dapat berjalan dengan aman dan nyaman serta tak menjadi klaster baru dalam penyebaran virus corona.
 
Tersedia juga gerai vaksin untuk pengunjung di area Arena Akuatik Kampung Harapan. Salah satu pengunjung, Akmal Fauzi mengapresiasi langkah yang dilakukan sebagai upaya menghentikan laju penyebaran COVID-19.
 
"Di arena akuatik protokol kesehatannya cukup baik. Mulai dari luar hingga ketika hendak masuk ada pemeriksaan. Di dalam pun tertib dan penonton pakai masker dan jaga jarak," ujar Akmal.

Baca juga: Personel Satgas sisir penonton PON Papua di Auditorium Uncen
Pewarta : Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021