TNI AL dan Pemprov Riau lakukan Serbuan Vaksin di pulau terluar

TNI AL dan Pemprov Riau lakukan Serbuan Vaksin di pulau terluar

Gubernur Riau Syamsuar saat meninjau pelaksanaan Serbuan Vaksin Maritim di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, Kamis (7/10/2021). ANTARA/HO-Pemprov Riau.

Bengkalis (ANTARA) - TNI AL bersama Pemprov Riau melakukan Serbuan Vaksin Maritim di Pulau Rupat, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, yang merupakan daratan terluar Indonesia berbatasan langsung dengan Malayasia, Kamis.

Sebanyak 2.000 vaksin COVID-19 didistribusikan di halaman Kantor Camat Rupat utara. Sejumlah warga mulai dari pelajar hingga lansia terlihat antusias ikut mendaftar untuk disuntik vaksin COVID-19.

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan untuk menggesa target capaian vaksinasi COVID-19 sebesar 70 persen di Provinsi Riau pada akhir tahun 2021. Data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, menyebutkan capaian vaksinasi di daerah itu saat ini sudah mencapai 33 persen.

"Kita optimistis di akhir tahun 2021 ini bisa mencapai angka vaksinasi sebesar 70 persen, agar herd immunity (kekebalan komunal) di masyarakat segera tercapai," kata Gubernur Riau Syamsuar saat meninjau Serbuan Vaksin Maritim di Pulau Rupat.

Baca juga: Singapura berikan bantuan vaksin COVID-19 perkuat persahabatan

Baca juga: Wagub Kepri yakinkan ibu menyusui untuk divaksin COVID-19


Selain memberikan vaksinasi bersama TNI AL, Pemprov Riau turut memberikan makanan bergizi untuk anak-anak yang mengalami kekerdilan (stunting) di pulau terluar tersebut.

"Selain vaksinasi, kami turut memberikan bantuan makanan dan vitamin untuk anak-anak di sini, agar angka kasus stunting juga kita bisa diturunkan," ujar Syamsuar.

Meski jumlah kasus COVID-19 di Riau sudah melandai, Gubernur Riau tetap mengingatkan akan pentingnya menjaga protokol kesehatan agar terpapar virus.

Sementara, Komandan Pangkalan TNI AL Dumai Kolonel Laut (P) Himawan selaku pelaksana Serbuan Vaksin Maritim, mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Riau atas dukungannya.

"Selaku panitia dan pelaksana Serbuan Vaksin Maritim kami mengucapkan terima kasih. Kegiatan vaksin ini juga merupakan bagian dari rangkaian dari HUT 76 TNI," ujar Danlanal.

Kegiatan Serbuan Vaksin Maritim ini turut bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dan Relawan COVID-19. Turut hadir pada kegiatan itu, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M Syech Ismed, Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, dan Bupati Bengkalis Kasmarni.*

Baca juga: Batam mulai vaksinasi ibu hamil

Baca juga: BIN vaksinasi warga pulau di Batam yang berbatasan dengan Singapura
Pewarta : Alfisnardo
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021