Satgas: 22 daerah di Aceh sudah risiko rendah penularan COVID-19

Satgas: 22 daerah di Aceh sudah risiko rendah penularan COVID-19

Arsip foto - Warga bersama Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri antre mengikuti vaksinasi COVID-19 massal di gedung Convention Hall, Banda Aceh, Aceh, Selasa (8/6/2021). ANTARA/Irwansyah Putra/wsj.

Banda Aceh (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh menyatakan mayoritas daerah di provinsi itu telah berstatus zona kuning atau risiko rendah penyebaran SARS-Cov-2 sehingga warga diminta terus disiplin protokol kesehatan agar kondisi terus membaik.

"Kita sebut Aceh risiko rendah, karena 22 kabupaten/kota sudah zona kuning, tinggal Aceh Timur yang zona oranye atau risiko sedang peningkatan kasus COVID-19," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Kamis.

Dia menjelaskan berdasarkan analisis data selama sepekan terakhir oleh Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan COVID-19 nasional, Aceh Tenggara dan Kota Subulussalam yang sebelumnya zona oranye kini telah membaik menjadi zona kuning. Namun, sebaliknya terhadap Aceh Timur yang sebelumnya zona kuning kini menjadi oranye.

"Perubahan peta zonasi risiko ini tidak terlepas dari dinamika penanganan pandemi di suatu daerah. Tim pakar Satgas Penanganan COVID-19 nasional melakukan analisis terhadap indikator epidemiologi, surveilance kesehatan masyarakat, dan indikator pelayanan kesehatan, dalam sepekan terakhir," katanya.

Baca juga: KONI pastikan belum ada atlet Aceh terpapar COVID-19 di Papua

Baca juga: IDI Aceh ingatkan lonjakan COVID-19 gelombang ketiga di akhir tahun


Menurut Jubir yang akrab disapa SAG itu, dinamika penanganan pandemi dalam pekan ini akan menentukan peta zonasi risiko COVID-19 yang diumumkan lagi oleh tim pakar pada pekan depan.

Karena itu, Satgas Penanganan COVID-19 Aceh dan kabupaten/kota harus semakin sinergis melakukan kampanye protokol kesehatan dan gerakan vaksinasi COVID-19 hingga ke sekolah-sekolah di Tanah Rencong.

"Kita berharap Aceh Timur kembali menjadi zona kuning dan 22 kabupaten/kota zona kuning ada yang berubah status menjadi zona hijau. Zona hijau merupakan zona yang dianggap aman dari transmisi dan penularan virus corona,” katanya.

Hingga kini, kasus COVID-19 di Aceh telah mencapai 37.978 orang, di antaranya pasien yang sedang dirawat tersisa 1.077 orang, pasien yang sudah sembuh 34.908 orang dan kasus meninggal dunia sudah sebanyak 1.993 orang.*

Baca juga: Satgas: 1 juta rakyat Aceh sudah divaksin COVID

Baca juga: Atlet muaythai Aceh dihadiahi sepeda motor usai raih emas PON Papua
Pewarta : Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021