Wagub DKI: Dugaan pelecehan ibu hamil sedang dalam pemeriksaan

Wagub DKI: Dugaan pelecehan ibu hamil sedang dalam pemeriksaan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan keterangan di Balai Kota Jakarta, Senin (4/10/2021). (ANTARA/Ricky Prayoga)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan kasus dugaan pelecehan verbal ibu hamil oleh seseorang yang diduga tenaga kesehatan DKI, sedang dalam pemeriksaan dan penelitian dari pihak terkait.

"Itu sedang dalam penelitian dan diperiksa pihak terkait, tentu kami prihatin. Mudah-mudahan enggak terjadi lagi mudah-mudahan itu tidak benar terjadi, kami sedang cek," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut, Riza menegaskan bahwa akan ada sanksi menanti pada pelaku apabila kasus ini terbukti benar-benar terjadi.

"Tentu ada sanksinya (yang menanti)," tutur Riza.

Sebelumnya, terdapat video viral di media sosial Tiktok terkait adanya pelecehan yang dilakukan oleh oknum tenaga kesehatan di salah satu Puskesmas di Jakarta Barat.

Salah satu akun tersebut menyebutkan ada tenaga kesehatan yang melemparkan sejumlah kata-kata tidak etis kepada seorang ibu hamil yang usia kandungannya sudah sembilan bulan dan merasa hendak melahirkan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta Purwadi mengatakan pihaknya sedang melakukan penelusuran terkait adanya video viral tenaga kesehatan yang melakukan pelecehan verbal kepada seorang ibu hamil.

"Tim kami sedang turun ke lapangan untuk telusuri dan konfirmasi terhadap fakta lapangan yang terjadi," kata Purwadi, Rabu (6/10).

Purwadi menyatakan saat ini pihaknya juga masih menunggu hasil laporan dari Suku Dinas Kesehatan. Dia mengaku prihatin adanya video yang viral di masyarakat tersebut, sebab jika video itu benar, hal itu merupakan tindakan di luar kepatutan sebagai tenaga kesehatan.

"Pastinya kami dalam koridor pembinaan terhadap tenaga kesehatan tetap akan melakukan penegakan disiplin pegawai," ucapnya menambahkan.

Baca juga: Wagub: gerebek lumpur beri efek positif pada Jakarta
Baca juga: Wagub DKI sebut pengendalian penggunaan air tanah diperlukan
Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021