Brazil rundingkan pembelian 150 juta dosis vaksin Pfizer untuk 2022

Brazil rundingkan pembelian 150 juta dosis vaksin Pfizer untuk 2022

Seorang warga lanjut usia memegang kertas bertuliskan: "Dosis kedua. Vaksinasi!" setelah menerima dosis kedua vaksin COVID-19 Sinovac di panti wreda Solar das Acacias, di Guarulho dekat Sao Paulo, Brazil, (26/2/2021). ANTARA FOTO/REUTERS / Carla Carniel/aww

Brasilia (ANTARA) - Brazil sedang membicarakan pembelian hingga 150 juta dosis vaksin COVID-19 Pfizer untuk tahun 2022, menurut dokumen yang dikirim Kementerian Kesehatan untuk penyelidikan Senat negara itu pada Kamis (7/10).

Dokumen tersebut disertai dengan penyelidikan, yang menggali penanganan pandemi oleh Brazil, setelah senator meminta informasi mengenai rencana kampanye vaksinasi Brazil tahun depan.

Kementerian Kesehatan mengaku sedang merundingkan pembelian 100 juta dosis vaksin dengan Pfizer dan kemungkinan membeli 50 juta dosis lagi.

Selain suntikan Pfizer, Brazil akan mengandalkan suntikan AstraZeneca yang diproduksi di negara tersebut --saat ini dibuat dengan bahan aktif impor.

Brazil melaporkan angka kematian COVID-19 tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat. Presiden Jair Bolsonaro menuai kritikan dari pakar kesehatan lantaran dianggap tidak becus mengatasi wabah, mencela penguncian, dan kerap menolak menggunakan masker di depan umum.

Meski awalnya lamban, Brazil berhasil menggencarkan kampanye vaksinasi. Lebih dari 70 persen warga Brazil kini telah menerima dosis pertama vaksin COVID-19. Persentase itu lebih tinggi dibandingkan Amerika Serikat, yang mencatat 65 persen. 

Sumber: Reuters

Baca juga: Pfizer akan pelajari efektivitas vaksinnya lewat vaksinasi satu kota

Baca juga: Brazil akan berikan vaksin COVID penguat pada kalangan lansia


 

Layanan darurat, tentara Brazil mengirim oksigen ke Amazonas

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021