Ketua MPR: Pemerintah tetap optimistis capai target kekebalan kelompok

Ketua MPR: Pemerintah tetap optimistis capai target kekebalan kelompok

Ketua MPR sebagai pembicara utama dalam FGD "Revitalisasi Lembaga MPR"

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah tetap optimistis dalam mencapai target kekebalan kelompok atau "herd immunity" sebesar 70 persen.

"Untuk itu, pemerintah harus terus berupaya mempercepat dan meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 secara nasional menjadi 2,5 juta vaksinasi per hari," kata Bambang Soesatyo dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Bamsoet cermati pemberian vaksin COVID-19 dosis ketiga

Dia meminta pemerintah bersama TNI-Polri agar dapat meningkatkan sinergi dalam pelaksanaan percepatan vaksinasi di daerah, khususnya daerah yang masih rendah capaian vaksinasinya.

Selain itu, menurut dia, pemerintah perlu berinovasi dalam menemukan solusi untuk mengetahui dan mengatasi kendala-kendala yang menghambat program vaksinasi nasional.

Baca juga: MPR apresiasi langkah pemerintah tangani penularan COVID-19

"Saya meminta pemerintah untuk dapat memperluas sentra-sentra vaksinasi, vaksinasi massal ataupun metode 'jemput bola'. Hal ini diperlukan untuk mencapai target yang diharapkan pemerintah mencapai 70 persen kekebalan kelompok di masyarakat," ujarnya.

Bamsoet meminta komitmen pemerintah daerah untuk mendukung program vaksinasi pemerintah pusat dan terus melakukan pendataan menyeluruh terkait capaian vaksinasi COVID-19 di seluruh daerah agar daerah yang masih minim capaiannya dapat diprioritaskan.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Kebersamaan di tengah pandemi harus diapresiasi

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021