Kemendikbudristek lakukan kurasi bagi peserta didik berprestasi di PON

Kemendikbudristek lakukan kurasi bagi peserta didik berprestasi di PON

Ilustrasi - Sejumlah anggota tarung derajat mengikuti latihan gabungan satuan latihan Tarung Derajat se DKI Jakarta, di Gelanggang Olahraga (GOR) Pasar Minggu, Jakarta, Minggu (7/15). ANTARA FOTO/Risky Andrianto/ama/pri.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan kurasi bagi peserta didik yang berprestasi di PON XX Papua.
 

“Jadi ini sedang dikoordinasikan dengan Kemenpora dan juga perguruan tinggi untuk dipertimbangkan diberikan beasiswa talenta berprestasi,” ujar Plt Kepala Biro Kerja sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek, Anang Ristanto, di Jakarta, Sabtu.
 

Pemberian beasiswa tersebut sebagai apresiasi bagi peserta didik yang berprestasi di kejuaraan nasional. Sementara itu, Plt Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi, mengatakan pihaknya melakukan kurasi terutama bagi peserta didik di jenjang SMA/SMK dan juga mahasiswa.

Baca juga: Kemendikbudristek berikan beasiswa bagi siswa berprestasi PON Papua

Baca juga: KONI: Gala siswa ajang kaderisasi atlet

“Nanti akan dipertimbangkan prestasinya apakah itu untuk tingkat nasional maupun internasional, apa raihan medalinya baik itu emas, perak dan perunggu untuk diberikan Beasiswa Prestasi Talenta,” kata Asep.
 

Beasiswa Prestasi Talenta tersebut merupakan bagian kebijakan Merdeka Belajar Episode 10. Beasiswa yang diberikan baik tingkat sarjana dan juga pascasarjana. Pemberian beasiswa tersebut merupakan kerja sama Kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).
 

Asep menjelaskan bahwa pemberian beasiswa tersebut merupakan bagian dari Desain Besar Olahraga Nasional, yang mana masing-masing kementerian dan lembaga memiliki perannya masing-masing.
 

“Ini merupakan contoh baik bagaimana pembinaan talenta berkelanjutan mulai dari Kompetisi Olahraga Nasional. Melalui arahan Presiden Jokowi dengan Desain Besar Olahraga Nasional pengelolaan talenta olah raga semakin terorganisasi dan terkelola dengan baik,” kata Asep lagi.

Baca juga: Pencarian bibit unggul atlet dimulai dari sekolah

Baca juga: Vaksin di arena pertandingan PON Papua jadi pilihan

Pewarta : Indriani
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021