Kemenhub dan TNI AL gelar vaksinasi pelajar di Pelabuhan Patimban

Kemenhub dan TNI AL gelar vaksinasi pelajar di Pelabuhan Patimban

Seorang pelajar saat mengikuti vaksinasi bergerak di Kabupaten Kotabaru. (ANTARA/Firman)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui KSOP Patimban dan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI AL menggelar kegiatan serbuan vaksin di atas kapal perang KRI Bintuni milik TNI AL dengan jumlah peserta vaksin sebanyak 1.195 orang.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)  Patimban Heri Purwanto menyebutkan peserta vaksinasi berasal dari pelajar SMP hingga SMA sebagai persiapan sekolah tatap muka yang telah berlangsung di beberapa daerah sejak September 2021.

“Kantor pelayanan di depan kantor KSOP Patimban dijadikan tempat screening dan registrasi vaksin. Peserta vaksin dibawa secara bertahap dari masing-masing sekolah ke area screening vaksin dan pendaftaran,” kata Heri Purwanto dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Sabtu.

Heri menjelaskan,  proses vaksinasi para pelajar tersebut dilakukan di atas kapal KRI Bintuni agar para pelajar sekaligus lebih mengenal dunia maritim dan memperoleh pengalaman melihat dan menaiki langsung kapal perang tersebut.

“Setelah proses screening selesai, para pelajar dibawa pakai shuttle (3 kendaraan) ke area terminal kontainer (sandar kapal) untuk dinaikan ke kapal KRI Bintuni untuk pelaksanaan vaksin,” ujarnya.

Baca juga: Menteri PPN/Bappenas dorong percepatan vaksinasi COVID-19

Sebelumnya, KRI Bintuni telah sandar di dermaga kontainer Pelabuhan Patimban untuk persiapan acara serbuan vaksin tersebut. Ikut mendampingi KRI Bintuni, kapal Patroli PLP Kelas 1 Tanjung Priok dan Kapal Patroli Bea dan Cukai Tanjung Priok.

Sementara itu, Kepala Staff Kolinlamil Laksamana TNI Retiono Kunto menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara serbuan vaksin tersebut.

“Khususnya bisa mendukung program pemerintah sesuai arahan dari pemerintah,  TNI AL membantu percepatan vaksinasi bagi masyarakat khususnya masyarakat maritim,” kata Retiono Kunto.

Baca juga: Penerima dua dosis vaksin COVID-19 capai 56,9 juta orang pada Sabtu

Dia berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat dan berkontribusi dalam percepatan pembentukan herd immunity atau kekebalan komunal di masyarakat.

“Mudah-mudahan upaya ini bermanfaat bagi masyarakat, bisa segera meningkatkan herd immunity masyarakat juga khususnya yang berada di Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati  Subang Agus Maskur Rosyadi, Kepala Staf Kolinlamil Laksamana TNI Retiono Kunto H, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan Ahmad, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang beserta Jajaran dan seluruh stakeholder terkait.
Pewarta : Adimas Raditya Fahky P
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021