Bengkalis (ANTARA) - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bengkalis Dharma Firdaus menyebutkan sampai Sabtu 9 Oktober kemarin atlet-atlet daerahnya sudah menyumbangkan total 16 medali yang terdiri dari  5 emas, 6 perak dan 5 perunggu untuk Provinsi Riau pada PON Papua.  Angka ini hampir separuh dari total medali yang direbut Riau dalam PON Papua.

"Alhamdulillah untuk sementara Kabupaten Bengkalis telah memberikan sumbangsih yang luar biasa kepada kontingen Riau di PON Papua sebanyak 16 medali hingga hari ini," kata Dharma Firdaus di Bengkalis, Sabtu (9/10).

Dia menjelaska, 5 medali emas tersebut diperoleh dari cabang anggar, sedangkan medali perak disumbangkan atlet-atlet muaythai, anggar dan atletik, sementara perunggu dari cabang muaythai, taekwando, layar, catur, dan sepak takraw.

"Insyaallah dengan doa bersama, atlet kita masih bisa menambah pundi-pundi medali untuk Riau. Aamiin ya Allah”, kata dia.

Baca juga: Gulat PON Papua hari ini perebutkan emas terakhir nomor putri

Dia yakin pundi-pundi medali atlet Bengkalis bakal bertambah dari beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan hari ini.

Medali emas terakhir yang diperoleh Riau disumbangkan oleh atlet Bengkalis dari cabang olahraga anggar melalui nomor degen beregu putri yang mengalahkan Kalimantan Timur 45-39 dalam final.

"Pada hari ini (Jumat) kita dapat satu emas dan satu perak. Emas dapat dari degen beregu putri, perak dari floret beregu putra," kata pelatih anggar Riau Harianto.

Riau untuk sementara menduduki urutan ke tujuh dengan 13 medali emas, 14 medali perak dan 13 medali perunggu.

Baca juga: Ali Bagir bawa jaring ring basket MSC setelah DKI raih emas PON Papua

Pewarta: Alfisnardo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021