Pasien sembuh dari COVID-19 di Bangka Barat bertambah jadi 5.303 orang

Pasien sembuh dari COVID-19 di Bangka Barat bertambah jadi 5.303 orang

Vaksinasi COVID-19 terus dilakukan, termasuk kepada warga lanjut usia guna mempercepat terwujudnya kekebalan kelompok di Kabupaten Bangka Barat. (ANTARA/Donatus Dasapurna)

Mentok, Babel (ANTARA) - Jumlah pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh atau selesai menjalani masa karantina di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertambah menjadi 5.303 orang.

"Sebanyak 5.303 orang tersebut termasuk tambahan pasien sembuh yang terjadi hari ini sebanyak enam orang, berasal dari Mentok empat, Simpangteritip satu dan Parittiga satu orang," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Ahad.

Sebanyak 5.303 pasien sembuh tersebut jika dihitung persentase mencapai 96,1 persen dari jumlah kasus keseluruhan yang mencapai 5.521 kasus selama pandemi berlangsung.

"Untuk kasus pasien meninggal dunia hari ini juga terjadi penambahan satu kasus, dari Kecamatan Tempilang, sehingga total kasus meninggal dunia menjadi 131 kasus," katanya.

Baca juga: Realisasi vaksinasi COVID-19 di Bangka Barat mencapai 51,3 persen

Baca juga: Positif COVID-19 di Bangka Barat-Babel sepekan bertambah 61 kasus


Selain itu, kata dia, hari ini juga terjadi penambahan kasus baru warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak empat orang, berasal dari Mentok tiga dan Parittiga satu sehingga total pasien wajib isolasi menjadi 87 orang.

Sebanyak 87 pasien wajib isolasi itu berasal dari Mentok 34 orang, Simpangteritip tujuh, Jebus 25, Parittiga delapan, Kelapa sembilan dan Tempilang empat orang.

Sesuai dengan kesepakatan awal, sebagian besar menjalani isolasi di lokasi karantina terpusat yang ada di kecamatan masing-masing, sedangkan yang mengalami gejala sedang dan berat tetap dilakukan perawatan di RSUD Sejiran Setaso dan rumah sakit rujukan lainnya.

"Potensi penularan masih cukup tinggi karena pencapaian vaksinasi COVID-19 belum sesuai target untuk membentuk kekebalan kelompok, untuk itu kami minta warga tetap waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M serta kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih dijalankan saat ini," katanya.*

Baca juga: Kesembuhan pasien COVID-19 di Bangka Barat capai 96 persen

Baca juga: Satgas Bangka Barat: Pasien sembuh dari COVID-19 naik jadi 94,3 persen
Pewarta : Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021