Surabaya (ANTARA) - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyesalkan perlakuan tidak sportif terhadap atlet-atlet binaraga Jawa Timur yang berlaga di PON XX Papua.
 
LaNyalla yang juga sebagai Ketua Dewan Penyantun KONI Jatim meminta hal itu terus disuarakan ke induk organisasi tertinggi KONI pusat dan Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai pembina olahraga nasional.
 
"Sangat disesalkan terjadi kecurangan di event besar sekelas PON. Harusnya semua menjunjung tinggi nilai sportifitas, fair play dan mengutamakan persatuan dan kesatuan. Sangat memprihatinkan menurut saya kalau sportivitas sudah dikesampingkan," ujar Senator asal Jawa Timur itu, dalam siaran persnya di Surabaya, Minggu.
 
LaNyalla saat menerima pengaduan dari atlet binaraga Jatim yang berlaga di PON XX Papua di Gedung KONI Jawa Timur, meminta induk olahraga binaraga yang menaungi yakni PBFI (Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Seluruh Indonesia) untuk bertanggungjawab terkait permasalahan itu.

Baca juga: Tuan rumah Papua pesta emas dari binaraga

"Harus diselesaikan persoalan ini agar tak muncul preseden buruk seolah-olah prestasi bisa diatur atau dipermainkan oleh oknum-oknum," katanya.
 
Para atlet yang hadir dalam pertemuan antara lain Misnadi, Komara Ditayana, Akbar, Dedi Rahmono dan Pelatih Kepala yang juga Manager Atlet Binaraga Jatim, Raja Siahaan.
 
Raja menjelaskan banyak kecurangan yang jelas sangat kentara dalam pertandingan final yang berlangsung di Auditorium Universitas Cenderawasih tersebut.
 
Raja sebagai pelatih kepala sudah melakukan protes keras namun tidak ada tanggapan dan dewan juri seakan melarikan diri.
 
"Keputusan dewa juri pada pertandingan itu merugikan tim Jatim. Misalnya atlet kami Misnadi yang sebenarnya sudah mendapat medali di kelas 70 kg, saat akan naik panggung untuk menerima medali tahu-tahu namanya tidak dipanggil," katanya.

Baca juga: TNI-Polri dikerahkan untuk amankan pertandingan binaraga PON Papua

Selain Misnadi, kecurangan juga menimpa Komara di kelas 80 kg. Komara yang sudah 4 kali meraih medali emas di ajang PON dan merupakan andalan Jatim gagal mempersembahkan medali emas karena dikalahkan keputusan dewan juri.
 
"Saat itu sempat ricuh di arena pertandingan. Kami pertanyakan keputusan dewan juri, kami minta data penilaian dibuka agar transparan. Tapi dewan juri tidak bisa memberikan jawaban dan malah mengadu ke petugas keamanan," ujar Raja.
 
Karena kesal, menurut Raja, tim binaraga Jatim mengembalikan dua medali perunggu yang didapat di kelas 65 kg atas nama Kariyono dan 80 kg atas nama Komara Ditayana.

"Di level PON saja panitia berani berbuat curang seperti itu, apalagi di level ke bawah. Mungkin kami akan melakukan mosi tidak percaya ke PP PBFI," katanya.

Baca juga: Iwan Samuray dan emas Papua tebusan gym Rp1,7 miliar

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021