Jakarta (ANTARA) - Sejumlah ilmuwan mensimulasikan perjalanan mereka ke planet Mars di Kawah Ramon yang terletak di gurun Israel selatan.

Mengutip Reuters pada Selasa, pemandangan berbatu merah dan berbukit tersebut kurang lebih menyerupai Mars. Ilmuwan melengkapi pemandangan itu dengan sederet panel surya.

Ilmuwan tersebut berada dalam sebuah tim yang terdiri dari enam orang: lima pria dan satu wanita. Mereka telah mulai mensimulasikan bagaimana rasanya hidup selama sekitar satu bulan di planet merah.

Baca juga: China mulai penjelajahan Robot Zhurong di Planet Mars

Habitat AMADEE-20 mereka terselip di bawah singkapan berbatu. Di dalam, mereka tidur, makan, dan melakukan eksperimen. Di luar, mereka mengenakan pakaian luar angkasa tiruan yang dilengkapi dengan kamera, mikrofon, dan sistem pernapasan mandiri.

"Kami memiliki motto fail fast, fail cheap, dan memiliki kurva belajar yang curam. Karena untuk setiap kesalahan yang kami buat di bumi ini, kami berharap kami tidak mengulanginya di Mars," kata Gernot Gromer, direktur Forum Antariksa Austria.

Asosiasi Austria menjalankan proyek tersebut bersama dengan Badan Antariksa Israel dan grup lokal D-MARS.

Sejumlah wahana Mars baru-baru ini telah memikat penggemar astronomi di seluruh dunia dengan robot penjelajah seperti NASA Perseverance, serta helikopter Ingenuity yang pertama kalinya digunakan untuk menawarkan pandangan sekilas ke permukaan planet. Tapi, misi berawak kemungkinan akan berjalan lebih dari satu dekade.

Dengan adanya AMADEE-20, yang seharusnya terjadi pada tahun 2020 tetapi ditunda karena COVID-19, tim berharap dapat membawa wawasan baru yang akan membantu mempersiapkan misi itu, ketika waktunya datang.

"Habitatnya, saat ini, adalah yang paling kompleks, stasiun penelitian analog paling modern di planet ini," kata Gromer, berdiri di samping struktur seluas 120 meter persegi itu.

Gromer menambahkan, keenam anggota tim terus-menerus di depan kamera, tanda-tanda vital mereka dipantau, pergerakan mereka di dalam dilacak untuk menganalisis tempat favorit untuk berkumpul. Semua ini untuk lebih memahami faktor manusia.

Di luar, insinyur dan spesialis lain bekerja dengan drone dan rover untuk meningkatkan navigasi dan pemetaan otonom di dunia di mana GPS tidak tersedia.

Secara keseluruhan, mereka akan melakukan lebih dari 20 percobaan di bidang termasuk geologi, biologi dan kedokteran dan berharap untuk mempublikasikan beberapa hasil ketika selesai.

"Kami adalah enam orang yang bekerja di ruang sempit di bawah banyak tekanan untuk melakukan banyak tes. Pasti ada tantangan," kata salah satu tim, Alon Tenzer. Ia mengenakan pakaian antariksa yang membawa peralatan berbobot sekira 50 kg.

"Tapi saya percaya kru saya bahwa kami mampu mengatasi tantangan itu," imbuhnya.

Baca juga: Helikopter ini dirancang untuk misi jelajah Mars

Baca juga: China kembangkan prototipe helikopter mini untuk misi Mars

Baca juga: Danxia, titisan planet Mars di tengah Gurun Gobi

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021