Jayapura (ANTARA) - Tim Papua tercatat menjadi salah satu tim yang paling produktif di gelaran sepak bola putra PON XX Papua, sedangkan Kalimantan Timur menjadi tim yang paling efektif sejauh ini.

Kedua tim ini akan membuktikan siapa yang lebih baik pada semifinal PON Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (12/10) pukul 15:00 WIT.
 
Tim sepak bola putra Papua punya catatan yang baik selama gelaran PON ini dengan menorehkan 100 persen kemenangan sejak dari fase grup.
 
Di fase penyisihan Grup A, Papua berhasil mengalahkan Jawa Barat dengan skor telak 5-1, lalu mengandaskan Maluku Utara 3-1 dan menghajar Nusa Tenggara Timur 4-0.
 
Di Grup D babak 6 besar, Papua juga mencatatkan kemenangan penuh meski tidak seperti ketika penyisihan Grup yang bertabur gol. Tim asuhan Eduard Ivakdalam itu menang 1-0 atas Aceh dan 2-0 atas Sumatera Utara.
 
Ketika bertemu Kalimantan Timur di semifinal, Papua punya kesempatan melanjutkan tren kemenangan dan berhak lolos ke partai final PON Papua cabang olahraga sepak bola putra.
 
Di sisi lain, Kalimantan Timur lolos ke semifinal dengan catatan dua kali menang dan dua kali kalah.
 
Kalimantan Timur berhasil menang atas Sulawesi Utara 1-0 di fase penyisihan Grup C dan mengalahkan Jawa Barat 1-0 di Grup E babak 6 besar. Kaltim tercatat menelan kekalahan 2-3 melawan Aceh di Grup C dan 1-5 melawan Jawa Timur.
 
Sejauh ini, Kalimantan Timur tercatat sebagai tim yang paling efektif di PON Papua cabang olahraga sepak bola putra.
 
Tercatat Kalimantan Timur lolos ke semifinal dengan hanya berhasil mencetak 5 gol dari 4 laga yang sudah dilalui.
 
Perlu diingat juga bagaimana Kaltim bermain sangat efektif menghadapi Jawa Barat di babak 6 besar Grup E. Kaltim berhasil unggul 1-0 dan Jawa Barat terus menekan namun tidak membuahkan hasil hingga akhir.
 
Laga antara Papua vs Kaltim ini akan menjadi pertemuan antara tim yang paling produktif melawan tim yang paling efektif sepanjang gelaran PON Papua cabang olahraga sepak bola putra.

Baca juga: Perjalanan Papua dan Kaltim ke semifinal sepak bola putra PON Papua
Baca juga: Kaltim andalkan serangan balik hadapi tuan rumah di semifinal

 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021