Jayapura (ANTARA) - Enam kontingen dayung akan berebut emas nomor perahu naga jarak 500 meter campuran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berlangsung Rabu di Teluk Youtefa, Kota Jayapura.

Enam kontingen dayung yang akan berebut emas itu adalah Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Papua, dan Kalimantan Tengah.

Sementara Sumatera Barat, DKI Jakarta, dan Kalimantan Selatan harus tersingkir pada babak penyisihan. Apabila sesuai jadwal, lomba final 500 meter campuran akan berlangsung pukul 08.30 WIT.

Pada hari terakhir pertandingan dayung nomor perahu naga Rabu akan mempertandingkan dua nomor campuran. Satu nomor lagi adalah 200 meter campuran, ada sembilan tim dayung yang akan memperebutkan enam slot final.

Baca juga: Perolehan medali sementara cabang olahraga dayung hingga Selasa

Kalimantan Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, dan Papua akan bertarung pada babak penyisihan Heat 1, sementara Papua Barat, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Barat akan berada di Heat 2.

Secara umum Jawa Barat telah menegaskan diri juara umum dayung PON Papua. Jawa Barat sudah mengumpulkan 19 emas, 8 perak, dan 7 perunggu meninggalkan jauh kontingen-kontingen lainnya.

Pada posisi kedua perolehan medali sementara ditempati Sulawesi Tenggara dengan 5 emas, 3 perak, dan 3 perunggu.

Adapun tuan rumah tidak bisa berbuat banyak dan menempati posisi ketiga setelah hanya mengumpulkan 4 emas, 4 perak, dan 5 perunggu.

Maluku yang diperkuat "Superman Rowing Indonesia", La Memo, berada pada urutan keempat perolehan medali sementara dengan 3 emas, 2 perak, dan 1 perunggu.

Baca juga: Kalteng rebut emas dari Jabar di perahu naga 1.000 meter campuran

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021