Kemarin,prosedur umrah dibahas hingga peserta PON sembuh sebelum balik

Kemarin,prosedur umrah dibahas hingga peserta PON sembuh sebelum balik

Suasana ibadah umrah di Mekkah, Arab Saudi. ANTARA/Yudi Abdullah/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Selasa (12/10) kemarin yang menarik untuk disimak, mulai Pemerintah Indonesia membahas prosedur umrah dan vaksinasi COVID-19 hingga Satgas COVID-19 memastikan peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang terinfeksi COVID-19 menjalani perawatan dan dinyatakan sembuh sebelum kembali ke daerah asal.

1. Kemkes: Pemerintah bahas prosedur umrah dan vaksinasi COVID-19

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah masih membahas prosedur umrah dan vaksinasi COVID-19 terkait persyaratan dari Arab Saudi bagi calon jamaah asal Indonesia.

"Akan ada persiapan teknis, baik terkait prosedur umrah, vaksinasi dan karantina," kata Nadia saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa

2. Kemenkes: 81 persen kebutaan di Indonesia karena katarak

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu menyebutkan terjadinya kebutaan mata pada masyarakat di Indonesia sebesar 81 persen disebabkan oleh penyakit katarak.

“Hasil survei kebutaan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB), tahun 2014 hingga 2016 oleh Perdami dan Badan Litbangkes Kemenkes pada usia 50 tahun ke atas, angka kebutaan Indonesia mencapai tiga persen dan 81 persen karena katarak," kata Maxi di Konferensi Pers Hari Penglihatan Sedunia 2021 secara daring di Jakarta, Selasa.

3. Satgas: PPKM tidak boleh berhenti kendati kasus COVID-19 turun

Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Alexander Ginting mengatakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak boleh berhenti, kendati kasus COVID-19 menurun.

“PPKM tidak boleh berhenti, kendati positifity rate sudah 1,6 atau 1,4 persen. Vaksin sudah ada di masyarakat dan komunitas, sehingga itu harus terus dilakukan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak), 3T (testing,tracing, treatment), dan vaksinasi,” ujar Alexander dalam diskusi daring yang diikuti di Jakarta, Selasa.

4. Akses umrah dibuka karena penanganan COVID-19 Indonesia semakin baik

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan akses umrah dibuka oleh Kerajaan Arab Saudi, karena penanganan COVID-19 di Indonesia menjadi semakin baik.

Pertama, kata dia, melalui pembahasan yang cukup lama dan intens melalui lobi, baik pada level menteri luar negeri, menteri agama, dan juga menteri kesehatan.

5. Wiku: Peserta PON XX dipastikan sembuh COVID-19 sebelum ke daerah asal

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan Pemerintah Indonesia memastikan peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang terinfeksi COVID-19 menjalani perawatan dan dinyatakan sembuh sebelum kembali ke daerah asal.

"Penanganan kasus positif yang ditemukan selama perhelatan PON XX berlangsung akan langsung diisolasi di tempat sebelum diizinkan pulang ke daerah asal sampai hasil tesnya negatif," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual Perkembangan Penanganan COVID-19 di Jakarta, Selasa.

Pewarta : Indriani
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021