Dalam minggu-minggu ini akan dikirimkan vaksin sebanyak 118.000 dosis
Temanggung (ANTARA) - Pengajuan vaksin COVID-19 Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, sebanyak 120.000 dosis ke Kementerian Kesehatan disetujui 118.000 dosis untuk percepatan vaksinasi di daerah ini.

Bupati Temanggung M. Al Khadziq di Temanggung, Rabu, mengatakan kemarin Pemkab beserta pimpinan DPRD Temanggung telah menghadap ke Kementerian Kesehatan, bertemu dengan pejabat Ditjen Penyakit Menular dan disanggupi akan dikirim 118.000 dosis vaksin COVID-19.

"Dalam minggu-minggu ini akan dikirimkan vaksin sebanyak 118.000 dosis dan Pemkab Temanggung juga dibantu freezer untuk menyimpan vaksin," katanya.

Baca juga: Pemkab Temanggung ajukan tambahan 120 ribu vaksin COVID-19

Ia menyampaikan sebagaimana diketahui bahwa karena capaian vaksinasi COVID-19 Kabupaten Temanggung belum 50 persen maka PPKM Temanggung yang semula level 2 naik menjadi level 3.

"Insya Allah vaksin sebanyak 118.000 dosis ini akan kami berikan semua kepada masyarakat dalam waktu 2 minggu, sehingga dalam waktu tersebut nantinya target 50 persen vaksinasi bisa tercapai dan PPKM Temanggung bisa turun ke level 2 atau syukur ke level 1 sehingga masyarakat bisa beraktivitas dengan terbuka lagi," katanya.

Ia menuturkan jatah vaksin sebanyak 118.000 dosis dari Kemenkes tersebut, nantinya untuk vaksinasi tahap 1 semua.

Baca juga: Temanggung luncurkan "Temanggung Gandem" percepat layanan masyarakat

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Temanggung menurun


"Sasaran prioritas vaksinasi, pertama tentu lansia dan kedua masyarakat umum," katanya.

Khadziq menyampaikan sangat menghargai masyarakat Kabupaten Temanggung yang sekarang lebih punya kesadaran untuk vaksinasi.

"Semua masyarakat di kota dan di desa semuanya sudah merasa butuh vaksinasi ini sehingga saya yakin dengan kapasitas kerja puskesmas-puskesmas yang ditingkatkan maka dalam waktu 2 minggu pemberian 118.000 vaksin bisa diselesaikan," katanya. 

Baca juga: 136 warga binaan Rutan Temanggung divaksin COVID-19

Baca juga: Bupati Temanggung: Jumlah pasien COVID-19 di RSUD turun

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021