Polda NTB studi banding ke Italia untuk perkuat pengamanan WSBK

Polda NTB studi banding ke Italia untuk perkuat pengamanan WSBK

Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. ANTARA/HO via ITDC.

Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat akan melaksanakan studi banding ke Italia dengan tujuan untuk memperkuat pengamanan dalam mengawal even balap kelas dunia World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021.

Kepala Biro Operasional Polda NTB, Komisaris Besar Polisi Imam Thobroni, di Mataram, Rabu, mengatakan, mereka merencanakan giat studi banding ke Italia pada 18-26 Oktober 2021.

"Nanti kami akan mempelajari bagaimana pengelolaan penyelenggaraan di sana," kata dia.

Baca juga: 5.000 tentara dikerahkan jaga WorldSBK di Sirkuit Mandalika

Namun demikian, rencana itu dikatakan Imam, masih menunggu izin resmi dari Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Listyo S Prabowo.

Dalam rencananya, Polda NTB akan melaksanakan studi banding di sirkuit balap yang terletak di dekat Misano Adriatico, Italia, yakni di Misano World Circuit Marco Simoncelli.

Imam mengatakan bahwa pihaknya tidak hanya akan mempelajari pola pengamanan. Bagaimana metode penanggulangan insiden yang berkaitan dengan keselamatan jiwa dalam ajang perhelatan balap kelas dunia tersebut juga menjadi tujuannya.

Baca juga: Kapolda NTB rancang pembentukan Polres Khusus KEK Mandalika

"Makanya nanti kami juga akan ajak direktur RSUP NTB ke sana. Karena beliau sebagai penanggung jawab di bidang kesehatan," ujarnya.

Rencana studi bandung Polda NTB bersama instansi pemerintahan tidak hanya sebagai bekal kesiapan menyambut WSBK. Rencana ini juga dipastikannya sebagai bagian dari kesiapan daerah dalam pengamanan berkelanjutan, termasuk perhelatan MotoGP yang agendanya terlaksana di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Baca juga: Pengamanan World Superbike Mandalika diminta fokus dan profesional

Sebagai kesiapan awal WSBK, pihaknya dikatakan telah menyiapkan rancangan pengamanan. Dengan adanya dukungan dari TNI, 5.000 personel telah disiapkan. "Dari segi personel, TNI-Polri sudah siap," ucapnya.
Pewarta : Dhimas Budi Pratama
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021