Produk inovasi yang dikembangkan dengan nama "Saura" ini memiliki konsep multifungsi, unik, terjangkau, praktis, serta ramah lingkungan
Yogyakarta (ANTARA) - Tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengembangkan inovasi dengan memanfaatkan limbah plastik menjadi "speaker bluetooth" multifungsi yang dilengkapi dengan fitur bank daya (powerbank).

Ketua Tim Pengembang Hafifah Putri melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Rabu, mengatakan produk inovasi yang dikembangkan dengan nama "Saura" memiliki konsep multifungsi, unik, terjangkau, praktis, serta ramah lingkungan.

"Dikatakan multifungsi karena Saura menggabungkan dua fitur, yaitu 'speaker bluetooth' dan bank daya dalam satu produk," ujar Hafifah.

Menurut dia, nama Saura diambil dari kata sansekerta yang berarti suara yang indah.

Ia mengatakan "speaker bluetooth" itu dibuat dengan corak unik seperti marble yang tidak bisa dihasilkan manual menggunakan bahan dasar kayu murni atau plastik cetak biasa.

Selain memiliki corak marble yang unik dan mudah dibawa kemana saja, menurut dia, produk itu juga mempunyai fitur tambahan power bank dengan kapasitas 7500mAh yang membuat produk ini bisa bertahan hingga 12 jam.

Inovasi tersebut dikembangkan oleh Hafifah Putri Varadhias (Manajemen), Amuirul Fauzan Ibrahim (Teknik Mesin), Rifki Kurniawan (Matematika), Mukhsin Al Fikri Lubis (Teknik Elektro), Syafaat Mahrus Ali (Teknik Elektro). Kelimanya mengembangkan produk ini melalui Program Kreativitas Mahasiswa di bidang Kewirausahaan (PKM-K).

Salah satu anggota tim pengembang, Syafaat Mahrus menambahkan Saura dibuat dari olahan daur ulang plastik jenis HDPE dengan compressive strength kelas IV atau setara dengan kayu sengon (285 kg/cm2) dan memiliki tensile strength yang setara dengan kayu jati.

"Kehadiran produk ini diharapkan dapat berdampak sosial seperti meningkatkan pilihan bagi konsumen atas produk yang unik dan ramah lingkungan. Selain itu juga membantu mengurai persoalan sampah plastik di masyarakat," kata dia.

Produk Saura merupakan salah satu hasil PKM UGM yang lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2021 yang akan digelar akhir oktober mendatang. Secara keseluruhan ada 124 tim PKM UGM yang berhasil melaju ke PIMNAS dan menempatakan UGM sebagai universitas dengan jumlah peserta lolos terbanyak di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa UGM kembangkan tempat sampah untuk olah limbah masker medis

Baca juga: Mahasiswa UGM olah limbah kulit durian jadi pot ramah lingkungan

Baca juga: Mahasiswa UGM olah limbah pelepah pisang menjadi hidrogel

Baca juga: Mahasiswa UGM kembangkan alat deteksi kerumunan

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021