BRI-Muamalat kerja sama transaksi jual beli uang kertas asing

BRI-Muamalat kerja sama transaksi jual beli uang kertas asing

Division Head International Business Division PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Trihartono (kiri) dan Head of Global Market PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Moh. Madina Hendrik Soe’oed (kanan) berfoto bersama usai penandatanganan kerja sama transaksi jual beli uang kertas asing (banknotes) di Jakarta, Rabu (13/10/2021). ANTARA/HO.

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk melakukan kerja sama transaksi jual beli uang kertas asing atau banknotes dengan Bank Muamalat.

“Salah satu cara terbaik dalam memperluas pasar, melalui kerja sama dengan Bank Muamalat yang menerapkan prinsip syariah dalam menjalankan operasionalnya. Kami berharap kerja sama strategis ini dapat berjalan dengan sukses dan berkelanjutan”, kata Division Head International Business Division BRI (Persero) Trihartono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan bisnis money changer telah dijalankan BRI sejak tahun 2011 dan telah melayani jual beli 22 mata uang kertas asing di seluruh unit kerja BRI yang berjumlah lebih dari 1.000 gerai, termasuk di 7 bandara utama Indonesia serta gerai di lokasi pariwisata yaitu Ngurah Rai dan Labuan Bajo.

Tak hanya itu, reputasi baik BRI dalam money changer ditunjukkan dengan kepercayaan pemerintah kepada BRI dalam penyediaan Saudi Arabian Riyal (SAR) untuk living cost jemaah haji dan mendistribusikannya ke 19 embarkasi haji di seluruh Indonesia selama 6 tahun berturut-turut sejak tahun 2013.

Baca juga: Konter BRI siapkan 350 ribu riyal

Trihartono berharap kebutuhan akan mata uang asing akan meningkat seiring dengan dibukanya kembali pintu bagi jemaah asal Indonesia yang akan melaksanakan ibadah umrah sesuai Nota Diplomatik Kedutaan Arab Saudi pada 8 Oktober 2021 dan dibukanya pintu penerbangan internasional dari dan ke Indonesia.

Kerja sama transaksi jual beli banknotes tersebut dapat dilaksanakan di seluruh unit kerja Bank BRI dan Bank Muamalat dengan cepat, mudah, dan aman, serta dapat menggunakan mekanisme same currency dengan kurs yang kompetitif.

Pada kesempatan yang sama, Head of Global Market Bank Muamalat Moh Madina Hendrik Soe’oed mengatakan pihaknya sangat senang dapat menjalin kerja sama dengan BRI. Menurutnya, kolaborasi tersebut sangat strategis karena masing-masing bank memiliki keunggulan tersendiri.

“Sebagai bank pertama murni syariah, kami memiliki basis nasabah yang luas dan loyal, khususnya dalam segmen haji dan umroh serta islamic business lainnya. Selain bisnis banknotes, Bank Muamalat Indonesia juga melayani kebutuhan nasabah atas transaksi forex TT dan lindung nilai. Insya Allah kerja sama ini akan berjalan lancar dan dapat berlanjut dalam lingkup yang lebih luas lagi,” ujar dia.

Baca juga: Erick Thohir apresiasi kerjasama PT PPA dengan BPKH dan Bank Muamalat
 

Pewarta : Kuntum Khaira Riswan
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021