Jakarta (ANTARA) - Merk ponsel asal China, realme, resmi merilis tampilan antarmuka UI 3.0 yang dilengkapi berbagai fitur baru, secara global.

Dikutip dari siaran resmi, Kamis, realme UI 3.0 dikembangkan dari Android 12. User interface, tampilan antarmuka, ini mengalami peningkatan dari segi kemudahan, personalisasi, keamanan dan fungsi dibandingkan versi sebelumnya.

Setelah meningkatkan perangkat lunak ke UI 3.0, pengguna akan mendapati garis yang lebih besar dan tampilan semitransparan sehingga menimbulkan kesan tiga dimensi.

Antarmuka terbaru ini memiliki tata letak yang terkesan lebih luas dan ukuran teks yang lebih dinamis.

Baca juga: Realme Pad resmi meluncur, berapa harganya?

realme UI 3.0 memberikan kebebasan pada pengguna untuk membuat pola always-on-display sesuai selera mereka, seperti ikon, latar belakang dan jenis tulisan. Selain itu, terdapat juga fitur kustomisasi warna tema tampilan antarmuka.

realme menyematkan teknologi kecerdasan buatan Smooth Engine untuk menambah kelancaran dan mengurangi konsumsi daya dalam pemakaian ponsel normal.

Ia menambah tingkat total penggunaan memori, mengurangi fragmentasi memori dan kompresi memori AI.

Secara keseluruhan, penggunaan memori berkurang 30 persen, kinerja peluncuran aplikasi naik 10 persen dan masa pakai baterai naik 12 persen.

realme UI 3.0 juga memiliki fitur floating window 2.0, pengguna bisa membuka lebih dari satu aplikasi dalam waktu yang sama.

Dari segi keamanan, realme membuat tampilan izin penggunaan supaya bisa menarik perhatian pengguna, yaitu dalam bentuk grafik, daftar izin aplikasi dan informasi terperinci tentang penggunaan aplikasi.

Ponsel realme GT secara otomatis akan berjalan dengan UI 3.0 mulai bulan ini, sementara realme GT Master Edition dan realme 8 Pro pada Desember nanti.

Gawai lainnya baru akan mendapat realme UI 3.0 tahun depan, yaitu pada kuartal pertama untuk realme X50 Pro 5G, 7 Pro, 8, C25 dan C25s.

Sementara realme X3 SuperZoom dan realme 8 5G akan mendapat UI 3.0 pada kuartal kedua 2022.

Baca juga: Kumpulan diskon ponsel festival belanja 10.10

Baca juga: Realme C25Y meluncur di India dengan kamera 50MP

Baca juga: Realme Band 2 diluncurkan dengan masa pakai baterai 12 hari

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021