Kakorlantas beri atensi pengendalian arus kendaraan di WSBK 2021

Kakorlantas beri atensi pengendalian arus kendaraan di WSBK 2021

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (tengah) bersama sejumlah pejabat utama Polda NTB dan jasaraharja usai giat asistensi pengendalian arus lalu lintas kendaraan dalam pagelaran WSBK 2021 di Tribun Lapangan Bhara Daksa Mapolda NTB, Kamis (14/10/2021). (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono memberi atensi terkait pengendalian arus lalu lintas kendaraan pada World Superbike 2021 yang akan digelar 19-21 November 2021 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

"Pengendaliannya tolong benar-benar dilaksanakan. Koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait harus tetap intens," katanya dalam kegiatan asistensi bersama seluruh pemangku kepentingan yang berkaitan dengan pengendalian arus lalu lintas kendaraan dalam pagelaran WSBK 2021 di Tribun Lapangan Bhara Daksa Mapolda NTB, Kamis.

Begitu juga ketika muncul masalah. Istiono dalam kegiatan yang turut dihadiri pejabat utama lingkup Polda NTB, Jasar Raharja, dan Balai Pelaksanaan Jalan, menekankan agar diantisipasi. Segala bentuk gangguan ataupun ancaman keselamatan jiwa harus tetap menjadi prioritas utama di lapangan.

Baca juga: Tim Baharkam cek kesiapan Polda NTB sambut World Superbike Mandalika

"Jadi pengendalian saat ada masalah, harus sudah ditata dari sekarang," ujarnya.

Termasuk dengan pengendalian ketika terjadinya insiden kecelakaan. Dia tidak hanya mengingatkan terkait upaya penanganan keselamatan jiwa, namun mendorong Jasa Raharja terkait proses santunan para korban kecelakaan.

"Kalau ada kecelakaan, harus ada santunan cepat. Jadi perkiraan terjelek itu mesti harus dihitung semua," ucap dia.

Dia menekankan hal itu dengan mengingatkan kembali bahwa pelaksanaan event balap kelas dunia ini sudah menjadi pertaruhan nama Indonesia di kancah internasional.

Baca juga: Polda NTB siapkan skema pengamanan Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika

"Kalau event ini sukses, ini akan masuk agenda nasional dan tentunya suksesnya acara ini akan meningkatkan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19," ucap dia.

Agar lebih matang, dia meminta Polda NTB agar tetap membangun koordinasi dengan Mabes Polri. Atensinya terkait kebutuhan personel, sarana, dan prasarana.

"Kalau jumlah personel di sini kurang, termasuk kemampuannya, begitu juga sarana prasarana, itu coba dikoordinasikan langsung dengan Mabes Polri. Kesiapan ini harus jadi atensi kita," katanya.

Baca juga: Sandiaga prediksi 20 ribu penonton padati World Superbike di Mandalika

Terlepas dari asistensinya, Istiono melihat kesiapan Polda NTB beserta seluruh pemangku kepentingan di daerah sudah siap menyambut pagelaran WSBK 2021.

"Saya sudah lihat apa yang harus ditingkatkan dan secara komperhensif saya senang dengan kesiapan yang ada sekarang, termasuk dalam pengendalian. Jadi tinggal aksi di lapangan," ucap Istiono.
Pewarta : Dhimas Budi Pratama
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021