Wapres Ma'ruf kunjungi Papua dan hadiri penutupan PON Papua

Wapres Ma'ruf kunjungi Papua dan hadiri penutupan PON Papua

Aula Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura yang sudah dipersiapkan untuk melakukan rapat bersama Wapres Ma'ruf. ANTARA News Papua/HO-Humas Pemprov Papua.

Jayapura (ANTARA) - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin beserta ibu Wury Ma’ruf Amin dan rombongan mengunjungi Provinsi Papua pada Jumat (15/10) setelah melakukan serangkaian kunjungan kerja ke beberapa wilayah Indonesia timur yakni Maluku, Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jeri Yudianto di Jayapura, Jumat, mengatakan pemerimtah provinsi setempat memberikan apresiasi yang sangat besar dan pada kunjungan kerja kali ini, pasalnya, ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan.

"Pada Jumat (15/10), Wapres Ma'ruf akan menghadiri kemeriahan Penutupan Pekan Olahraga Nasional XX Papua Tahun 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapn, Kabupaten Jayapura," katanya.

Menurut Jeri, kemudian pada Sabtu (16/10), Wapres Ma'ruf akan menyapa masyarakat melalui kunjungan ke SD Negeri Inpres VIM 1 dan GKI di Tanah Papua Jemaat Pniel Kotaraja Kota Jayapura.

"Selanjutnya memimpin Rapat Koordinasi Terpadu yang dilakukan di Aula Sasana Krida Kantor Gubernur, rapat tersebut akan dihadiri oleh Gubernur, Ketua DPR Papua, Ketua MRP, Kepala Bappeda Provinsi Papua, beberapa bupati dan walikota beserta kepala bappedanya, tokoh adat, tokoh agama, akademisi dan tokoh perempuan," ujarnya.

Dia menjelaskan pertemuan tersebut dengan pokok bahasan Rapat Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat serta Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di lima kabupaten sasaran prioritas 2021.

"Pada rapat ini juga Wakil Presiden Ma'ruf akan didampingi beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju," katanya lagi.

Dia menambahkan lalu Wapres Ma'ruf juga akan melakukan peninjauan Pameran Mini : Produk Pemberdayaan Masyarakat Industri Mikro Kecil dan Menengah di Main Hall Sasana Krida Kantor Gubernur Papua, dilanjutkan press conference dengan para awak media secara terbatas karena dalam situasi Pandemi COVID-19 serta meresmikan pembangunan BLK Komunitas di Kampus Papua Alom Yayasan Global Mission International Indoensia (GMII), Sentani Kabupaten Jayapura.

"Sangat diharapkan kepada masyarakat di Papua bisa menjaga kenyamanan, ketenteraman juga ketertiban saat berlangsungnya kunjungan ini di tengah eforia suksesnya penyelenggaraan PON XX Papua 2021, sehingga dengan demikian kunjungan ini bisa berjalan dengan baik dan berdampak pada langkah strategis serta taktis untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Bumi Cenderawasih," ujarnya lagi.

Sekadar diketahui, persiapan kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia sementara ini sedang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua, dimulai dari rapat bersama Biro Kesekretariatan Wakil Presiden dilanjutkan dengan simulasi kedatangan standar VVIP atau kepala negara yang dipimpin langsung oleh Kodam XVII/Cenderawasih serta persiapan rangkaian acara di seluruh tempat yang akan dikunjungi.

Baca juga: NOAH akan meriahkan upacara penutupan PON Papua
Baca juga: Sebanyak 1.697 personel gabungan amankan penutupan PON XX Papua
Baca juga: BNPB distribusikan lebih dari 2 juta masker jelang penutupan PON Papua
Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021