Kami melihat beberapa tanda awal langkah-langkah pelonggaran dari pembuat kebijakan; yang mengatakan, skala dan waktu langkah-langkah ini belum cukup untuk mengatur ulang kehati-hatian di pasar sejauh ini.
Shanghai (ANTARA) - Saham-saham China berakhir lebih tinggi pada Jumat, didukung oleh keuntungan di perusahaan teknologi dan keuangan, tetapi sentimen tetap berhati-hati karena investor menyeimbangkan ekspektasi pelonggaran kebijakan terhadap kekhawatiran perlambatan ekonomi.

Indikator utama Bursa Efek Shanghai, Indeks Komposit Shanghai terangkat 0,40 persen atau 14,09 poin menjadi menetap di 3.572,37 poin. Untuk minggu ini indeks acuan merosot 0,78 persen atau 27,99 poin.

Indeks saham unggulan CSI300 menguat 0,38 persen atau 18,50 poin menjadi ditutup di 4,932.11 poin, dengan sub-indeks sektor keuangannya bertambah 0,36 persen dan sektor teknologi informasi naik 1,26 persen.

Baca juga: Saham China dibuka lebih rendah, lanjutkan kerugian sesi sebelumnya

Bank sentral China memperpanjang pinjaman jangka menengah yang jatuh tempo pada Jumat dan mempertahankan suku bunganya tidak berubah, karena investor terus berspekulasi bahwa pembuat kebijakan mungkin perlu melonggarkan pengaturan moneter guna mendukung ekonomi di tengah risiko stagflasi.

“Kami melihat beberapa tanda awal langkah-langkah pelonggaran dari pembuat kebijakan; yang mengatakan, skala dan waktu langkah-langkah ini belum cukup untuk mengatur ulang kehati-hatian di pasar sejauh ini," kata analis di Morgan Stanley dalam sebuah catatan.

Saham-saham energi melonjak, dengan sub-indeks CSI300 yang melacak sektor ini terdongkrak 3,37 persen dan sub-indeks batu bara melambung 4,02 persen karena harga batu bara termal mencapai rekor tertinggi.

Baca juga: Saham China ditutup turun, tertekan kekhawatiran data inflasi

Indeks real estat berakhir 0,12 persen lebih rendah, dengan otoritas China diperkirakan akan mempertahankan sebagian besar pembatasan properti, meskipun dapat melunakkan taktik yang ditujukan pada sektor yang bermasalah itu.

Indeks Shenzhen di bursa yang lebih kecil berakhir naik 0,52 persen atau 74,62 poin menjadi 14.415,99 poin, serta indeks ChiNext di papan start-up melonjak 1,88 persen menjadi ditutup pada 3.276,32 poin.

Sepanjang tahun ini, indeks saham Shanghai telah menguat 2,9 persen dan indeks CSI300 telah anjlok 5,4 persen, sedangkan indeks saham-H China yang tercatat di Hong Kong turun 16,9 persen.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021