UI lolos terbanyak peserta Apple Developer Academy 2022

UI lolos terbanyak peserta Apple Developer Academy 2022

Gedung Rektorat Universitas Indonesia. ANTARA/Feru Lantara/aa.

Depok (ANTARA) - Sebanyak 25 peserta yang membawa nama Universitas Indonesia (UI) terdiri atas 22 mahasiswa dan 3 alumni berhasil lolos seleksi dan diterima menjadi peserta Apple Developer Academy 2022.

"Jumlah yang diterima tersebut di antara 200 peserta Apple Developer Academy 2022, merupakan yang terbanyak dari satu perguruan tinggi selama program tersebut berlangsung," kata Kepala Biro Humas dan KIP UI Dra. Amelita Lusia dalam keterangan tertulisnya diterima di Depok, Sabtu

Akademi yang akan berlangsung mulai Februari – Desember 2022 dan berfokus pada keterampilan pengkodean (coding), desain, dan keterampilan profesional (professional skill), ini merupakan salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI.

Baca juga: Epidemiolog sebut penanganan COVID-19 di Indonesia sudah baik

Ia mengatakan dari ke-25 peserta tersebut, distribusi mahasiswa/alumni UI yang lolos seleksi Program Apple Developer Academy 2022 berdasarkan program studi adalah Kriminologi, Sosiologi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik); Matematika, Ilmu Aktuaria (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

Selain itu Profesi Arsitek, Teknik Biomedik, Teknik Elektro, Teknik Komputer, Teknik Industri (Fakultas Teknik); dan Sistem Informasi, Ilmu Komputer (Fakultas Ilmu Komputer).

Menurut dia, selama 10 bulan berjalannya program itu, para peserta akan didukung untuk mengembangkan aplikasi dan menjadi seorang ahli yang berwawasan luas.

Baca juga: UI latih siswa SMA hidup sehat tanpa hoaks

Selama menjadi peserta akademi tersebut, para peserta akan mengikuti program pendahuluan yang berdurasi 1-2 minggu, mengembangkan pengalaman, pola pikir dan keterampilan awal.

Setelah itu, Mini Challenges, yaitu komponen utama dari perjalanan belajar di akademi. Mereka diberi serangkaian tantangan (2-8 minggu, berkelompok atau individu) yang dirancang untuk memanfaatkan semangat, minat, dan konteks peserta didik. Pada tahap Bridge, dirancang untuk dekompresi di antara tantangan.

Pada tahap ini mentor mendukung penilaian diri pelajar, remediasi jika diperlukan dan penetapan tujuan pribadi. Kemudian, Final Challenge (12 minggu) memberikan kesempatan kepada peserta untuk menerapkan semua yang telah mereka pelajari melalui Mini Challenges dan Bridge lainnya guna meng-create suatu mahakarya akhir.

Baca juga: FTUI gelar bursa karier virtual diikuti 13 ribu peserta

Dalam kurikulum keterampilan profesional, Apple Developer Academy akan mempertajam keterampilan kepemimpinan peserta untuk membangun tim, berkolaborasi secara efektif, serta menjadikan peserta sosok yang berbeda dan menarik dalam masing-masing Curriculum Vitae (CV) atau portofolionya.

Apple Developer Academy bertujuan memberdayakan ekonomi Indonesia dengan menciptakan pengembang (developers) kelas dunia untuk ekosistem aplikasi paling inovatif dan dinamis di dunia.

Program Apple Developer Academy terbuka untuk semua individu dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa aktif maupun publik (lulusan universitas dan karyawan) dengan domisili atau kewarganegaraan di Indonesia.

Baca juga: RSUI terima dukungan pengadaan fasilitas kesehatan dari Bank Mandiri

Setiap peserta yang lolos seleksi Program Apple Developer Academy telah melalui rangkaian pendaftaran. Pertama pendaftaran dilakukan melalui situs resmi Apple Developer Academy, di Jakarta (BSD), Surabaya atau Batam.

Hanya pendaftar yang melakukan registrasi melalui website Academy yang akan dianggap sebagai peserta rekrutmen. Kedua, peserta juga wajib mendaftarkan diri pada website Kampus Merdeka, setelah diterima sebagai peserta Apple Developer Academy untuk Cohort 2022.

Baca juga: UI dinilai unggul pada bidang ilmu klinikal dan kesehatan
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021