London (ANTARA News) - Jagoan komputer mengatakan mereka sudah menggunakan teknologi terkini untuk menciptakan laman pintar.

Laman trueknowledge.com, adalah "mesin jawaban" Internet yang menguak alasan baru dengan memberi jawaban langsung atas pertanyaan langsung, seperti diungkapkan pembuatnya.

Pendirinya, William Tunstall-Pedoe, yang berbasis di Cambridge, mengatakan bahwa situs itu seperti "menelepon seorang teman" di Internet yang bisa menjawab triliunan pertanyaan.

"Apa yang baru adalah bahwa ini sebuah situs yang menjawab pertanyaan," kata Tunstall-Pedoe, seperti dikutip Daily Mail.

"Itu tidak memberi anda referensi ke artikel yang menyebutkan kata-kata atas pertanyaan. Itu memberi anda jawaban. Tanyakan kapan ulang tahun Bob Dylan dan website akan memberitahu anda dengan mudah. Dan, bila tidak tahu jawabannya ia akan mengatakan tidak tahu.

"Tidak mengetahui semua hal, tetapi sebagaimana kami memasukkan lebih banyak informasi maka laman mesin jawaban itu akan tahu lebih banyak dan lebih banyak."

Dia menambahkan:"Itu terobosan penggunaan komputer. Menggunakan teknologi semantik unik yang sudah dikembangkan dalam beberapa tahun.

"Itu memahami pertanyaan pengguna, mewakili pengetahuan dalam cara di mana sistem itu bisa memahami dan memproses dan bisa mengombinasikan pengetahuan yang ada untuk menyimpulkan fakta baru dan menjawab pertanyaan yang belum pernah terlihat sebelumnya.

"Menggerakkan 'platform' juga sebuah database fakta: representasi yang terpadu dari pengetahuan dunia mengandung faktual, pikiran sehat dan pengetahuan leksikal.

"Kami sudah bisa menjawab triliunan pertanyaan dan basis pengetahuan ini tumbuh, kami memahami dan menjawab lebih banyak dan lebih banyak."

(ENY/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011