MRT tanam kembali 252 pohon terdampak proyek Stasiun Glodok-Kota

MRT tanam kembali 252 pohon terdampak proyek Stasiun Glodok-Kota

Penumpang berada di dalam Bus TransJakarta di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (10/10/2021). PT JakLingko Indonesia akan menerapkan sistem pembayaran integrasi antarmoda dengan tarif lebih terjangkau bagi masyarakat Jabodetabek untuk pengguna transportasi di bawah jaringan pembayaran JakLingko, seperti PT KCI (Kereta Commuter Indonesia), MRT, LRT dan TransJakarta mulai Maret 2022. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

Jakarta (ANTARA) - PT MRT Jakarta (Perseroda) menyatakan  siap mengganti, merelokasi, dan menanam kembali 252 pohon yang terdampak pada pengerjaan pembangunan Stasiun Glodok dan Kota dalam bagian MRT Jakarta Fase 2A.

Plt. Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo, menyebutkan, ada 252 pohon yang terdampak dalam pembangunan kedua stasiun tersebut  yakni  139 pohon di Stasiun Glodok dan 113 di Stasiun Kota.

"Setiap pohon yang terdampak akan diganti dan direlokasi untuk ditanam kembali, serta dilestarikan demi pelestarian lingkungan  berkelanjutan," kata Ahmad Pratomo di Jakarta, Senin.

Adapun pembangunan Stasiun Glodok, Stasiun Kota, serta terowongan bawah tanah mulai dari Mangga Besar sampai Kota Tua sepanjang 1,4 km,  merupakan cakupan dari paket kontrak 203, salah satu segmen konstruksi MRT Jakarta Fase 2A.

Baca juga: JIC dampingi investor urus izin di Jakarta

Tim konstruksi CP203 MRT Jakarta, saat ini sedang melakukan pekerjaan persiapan konstruksi, bersama dengan kontraktor pelaksana Sumitomo Mitsui Construction Company - Hutama Karya Joint Operation (SMCC-HK JO).

PT MRT Jakarta (Perseroda) secara rutin berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta dalam proses penanganan pohon terdampak proyek CP203 MRT Jakarta dengan mengikuti seluruh prosedur perizinan yang telah ditetapkan.

Sesuai dengan izin yang telah diberikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, MRT Jakarta melakukan penanganan pohon terdampak proyek CP203 MRT Jakarta.

Pertama, sebanyak 166 pohon terdampak pembangunan akan diganti, terdiri dari 116 pohon yang terdampak pembangunan Stasiun Glodok serta 50 pohon terdampak pembangunan Stasiun Kota.

Kemudian, terdapat 1.660 pohon pengganti yang perlu ditanam kembali dengan spesifikasi yang telah ditentukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Tercatat sampai dengan 12 Oktober 2021, telah dilakukan penanaman sejumlah 473 pohon pengganti," kata Ahmad.

Sementara itu, 86 pohon terdiri dari 23 pohon terdampak pembangunan stasiun Glodok dan 63 terdampak pembangunan Stasiun Kota akan direlokasi.

Lokasi penanaman pohon dilakukan di Jalan Ciputat Raya Jakarta Selatan pada lahan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan di lokasi lain yang akan ditentukan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

Baca juga: Mulai hari ini MRT Jakarta beroperasi pukul 05.00 WIB
Baca juga: Integrasi antarmoda di Jakarta menuju transportasi efektif


 
Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2021