Surabaya (ANTARA) - Spanduk bergambar wajah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mulai bermunculan di warung dan toko kelontong Surabaya, Jawa Timur.

"Ini menunjukkan Pak Airlangga Hartarto ada di tengah-tengah warga Surabaya. Ini membangkitkan semangat warga untuk pemulihan ekonomi," kata Ketua DPD Partai Golkar Surabaya, Arif Fathoni, di Surabaya, Selasa.

Baca juga: Kampanye makan telur, Menko Airlangga bagikan 50 ribu telur ayam

Spanduk bertuliskan UMKM usAHA dan bergambar Airlangga Hartarto itu terlihat di sejumlah warung dan toko kelontong di kawasan Surabaya Barat, tepatnya di Kecamatan Sukomanunggal, pada masa pandemi yang kini memasuki PPKM tingkat II dan III itu. 

Menurut Arif Fathoni, sosok Airlangga selama pandemi Covid-19 diketahui cukup peduli dengan UMKM. Bahkan sejumlah UMKM di Surabaya telah merasakan bantuan yang diberikan dia.

Baca juga: Menko Airlangga sebut ekonomi Indonesia mulai bergerak positif

Warung maupun toko kelontong yang dipasangi spanduk itu diketahui pernah mengikuti pelatihan wirausaha maju, kemudian bergabung dengan komunitas UMKM usAHA yang pembinanya adalah Airlangga Hartarto.

Selain mendapat pelatihan, tiap peserta juga dibuatkan spanduk sesuai nama warungnya, dan dikirimi kantong belanja untuk pembeli. Dari pelatihan tersebut banyak warga mendapat pengetahuan baru mengenai bagaimana mengelola media sosial untuk jualan secara daring.

Baca juga: Menko Airlangga: Bangkitnya ekonomi dimulai dari disiplin pakai masker

Ketika ditanya soal keterkaitan spanduk dengan status Airlangga yang merupakan bakal calon presiden dari Partai Golkar, Fathoni yang juga anggota DPRD Surabaya ini mengaku tidak mempermasalahkan jika ada yang bilang hal itu merupakan aktivitas kampanye.

"Yang penting caranya tidak merugikan, mala justru membawa manfaat. Ini merupakan sesuatu yang wajar. Jika tujuannya mau memperkenalkan diri ke masyarakat, siapa saja boleh. Apalagi kalau caranya bermanfaat seperti Pak Airlnggga ini, dengan menunjukkan kepedulian pada pedagang kecil," ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021